nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Cara Jadi Cantik Tanpa Oplas

Gurais Alhaddad, Jurnalis · Selasa 18 Juni 2019 18:39 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 18 616 2067974 ini-cara-jadi-cantik-tanpa-oplas-GXbAxFlH9G.jpg Perempuan Muslim (Foto: Shutterstock)

Manusia tercipta ada yang kaya dan ada yang miskin. Ada yang cantik dan ada yang jelek. Banyak orang mengeluhkan hal tersebut sampai melakukan hal-hal yang dilarang oleh agama Islam.

Misalnya, ada orang yang ingin kaya hingga melakukan pesugihan. Ada yang ingin cantik sampai operasi plastik. Ini merupakan upaya mengubah ciptaan Allah.

Banyak orang yang tak tahu kalau banyak ajaran Islam yang bisa membuat orang tersebut cantik dan kaya. Bagi Islam orang yang cantik bukanlah tampak dari wajahnya saja melainkan dari akhlaknya yang mulia. Menurut Islam, wanita yang mempunyai wajah biasa namun akhlaknya dan hatinya mulia maka itulah wanita cantik yang sesungguhnya.

Perempuan Muslim

(Foto: Shutterstock)

Begitu pula kaya, menurut Islam orang kaya bukanlah orang yang memiliki harta yang melimpah melainkan orang yang kaya dengan ilmu agama, kaya pengetahuan, kaya hati itulah orang kaya sesungguhnya.

Ustadz Kiki Alhaddad mengatakan,"Wanita cantik bukan dilihat dari seberapa cantik wajah mereka, tetapi wanita cantik adalah wanita yang memiliki akhlak dan hati yang baik. Sedangkan orang kaya dilihat bukan dari banyaknya harta tetapi dari kekayaan hatinya," katanya, Selasa (18/6/2019).

“Kekayaan tidaklah diukur dengan banyaknya harta, namun kekayaan yang hakiki adalah kekayaan hati.” (HR. Bukhari dan Muslim; dari Abu Hurairah)

Cara agar cantik dan kaya menurut ajaran Islam adalah dengan memiliki ilmu. Ilmu adalah kunci dari segalanya. Ilmu juga cahaya yang menyingkirkan duri dan gelapnya jalan menuju tujuan sehingga kita akan tahu mana jalan yang benar dan mana jalan yang salah. Mana arah ke surga dan ke neraka.

Dengan ilmu seseorang bisa menjadi mulia yang membuatnya terlihat cantik. Memiliki ilmu, apapun bisa dicapai tidak hanya di dunia namun juga di akhirat.

 Menuntut ilmu adalah kewajiban umat Islam. Dengan ilmu apapun bisa didapatkan, yang jelek bisa jadi cantik dan tampan berkat ilmu. Sedangkan yang miskin bisa jadi kaya karena ilmu.

Allah pernah memberikan pilihan kepada Nabi Sulaiman AS antara lain harta, kerajaan, atau ilmu. Maka Nabi Sulaiman memilih ilmu. Lalu dengan memilih ilmu, ia diberi kerajaan dan harta (H.R. Ibnu ‘Asakir dan ad-Dailami). Nabi Sulaiman berhasil menguasai dunia bukan dikuasai dunia.

Ia berhasil menjadi raja yang cerdas dan kaya raya. Pada akhirnya dengan ilmu, harta, tahta, dan wanita, semua sudah dicapainya. Menurut fakta selama ini, orang berilmu derajatnya lebih tinggi daripada yang tidak berilmu.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini