nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Begini Cara Menjadi Mualaf

Gurais Alhaddad, Jurnalis · Sabtu 22 Juni 2019 07:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 21 616 2069383 begini-cara-menjadi-mualaf-HiRiEP3LUe.jpg Masjid salatuntuk (Foto: Gulf News)

Islam adalah agama dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Banyak orang memilih untuk masuk Islam karena agama ini merupakan agama yang paling sempurna.

Bagi orang yang ingin memeluk agama Islam, mereka di beri kemudahan untuk masuk dengan mendeklarasi imannya dengan tulus dan sederhana untuk menjadi seorang Muslim atau yang sering kita dengar adalah mengucapkan 2 kalimat syahadat.

Baru-baru ini Artis sekaligus Youtuber Indonesia Deddy Corbuzier memilih untuk menjadikan Islam sebagai agama yang dipeluknya. Hal ini menjadikan bertambahnya orang yang memilih memeluk agama islam. Tidak cuma Deddy Corbuzier, Sebelumnya ada Roger Danuarta, Virgoun, Marsha Timothy dan masih banyak lagi artis yang memilih islam sebagai agamanya.

Deddy

(Foto: Istimewa)

Ketika seseorang hendak memilih Islam sebagai agamanya ada proses yang harus mereka jalankan sebagai syarat agar dapat menjadi seorang mualaf. Berikut adalah proses seseorang menjadi Muslim dikutip dari beberapa sumber, Jumat (21/06/2019).

1. Berkonsultasi kepada Ustad atau orang yang menguasai ilmu Islam

Pertama kali yang harus dilakukan oleh seseorang yang ingin menjadikan islam sebagai agamanya adalah tanya jawab seputar Islam kepada orang yang menguasai ilmu Islam, Bisa Ustadz, Ulama, dan Habib. Hal ini dilakukan supaya seseorang yang memilih islam sebagai agamanya tahu bagaimana islam itu, apa yang dilakukan ketika menjadi seorang muslim, Sejarah Islam, dan juga bagaimana seorang islam beribadah.

2. Mengucap 2 Kalimat syahadat

Bila sudah yakin dan paham, selanjutnya hal yang paling penting adalah mengucapkan 2 kalimat syahadat. Dengan membaca dua kalimat syahadat berarti seseorang yakin di dalam hatinya akan keesaan Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah. Dengan mengucapkan syahadat, orang itu sudah menjadi seorang Muslim. Syahadat harus diucapkan dengan ketulusan dan pemahaman mendalam. Tidak hanya sembarangan mengucapkan.

Bacaan Syahadat:

 أَشْهَدُ أَنْ لَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ

 Asyhadu al-laa ilaaha illa-Llah

 “Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah”

Kalimat kedua

 وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ

 wa Asyhadu anna muhammadar rosuulullah

 “Dan (aku bersaksi) bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah”

3. Membersihkan Diri

 Setelah menjadi seorang Muslim, orang itu harus mandi sebagai bentuk pemurnian/ pembersihan. Ini merupakan simbol yang melambangkan pembersihan dari dosa masa lalu. Seperti yang kita ketahui seorang mualaf mempunyai catatan bersih, seperti baru terlahir dari rahim Ibu, dan kemudian sebisa mungkin menjaga catatan ini tetap bersih dan selalu berusaha melakukan perbuatan baik. Seperti halnya dahulu Rasulullah memerintahkan mandi Tsumamah bin Utsal dan Qis bin ‘Ashim ketika masuk Islam.

4. Mulai beribadah

 Diwajibkan bagi orang yang baru masuk Islam untuk salat lima waktu dan mengerjakan kewajiban lainnya. Seperti membaca Alquran, menjalankan semua perintah agama dan menjauhkan larangan agama, dan segala sesuatu ibadah menurut Islam. (MTA)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini