nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Begini Cara Setan Mengganggu Seseorang saat Niat Berwudhu

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Selasa 25 Juni 2019 13:42 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 25 614 2070625 begini-cara-setan-menggangu-seseorang-saat-niat-berwudhu-dOiv3ci51Q.jpg Niat Berwudhu (Foto: Pixabay)

BERWUDHU bukan hanya dilakukan untuk menjadi syarat sahnya salat. Namun ada beberapa situasi yang dianjurkan Rasulullah agar kita hendaknya berwudhu.

Misalnya ketika diri kita sedang emosi, membaca Alquran atau menjelang tidur. Berwudhu pun menjadi salah satu sunah yang di ajarkan Nabi Muhammad SAW. Tetapi, tahukah Anda bahwa ada setan yang mengganggu kita ketika kita sedang berwudhu?

Abdullah bin Ahmad mengatkan "Aku katakan kepada bapakku, aku sungguh (menggunakan) banyak air, maka dia melarangku dan mengingatkan, 'wahai anakku, sesungguhnya dalam wudhu' itu ada setan yang disebut dengan walhan'. Dia mengatakan hal itu kepadaku bukan sekali saja, melarangku banyak menuangkan air, dan berkata kepadaku, 'sedikitlah dari air ini, wahai anakku".

Tata Cara Berwudhu yang Benar

Menggunakan air secara berlebihan ketika berwudhu juga merupakan salah satu bentuk bujukan setan, yang terkadang kita lalai dalam melakukan aktifitas tersebut. Melarang untuk menggunakan air secara berlebihan juga pernah disebutkan Rasulullah yang dikatakan kepada salah seorang sahabatnya. Sebuah hadist menyebutkan, yang Artinya, “Rasulullah SAW berkata kepada salah seorang sahabatnya yang akan mengambil air sembahyang, ‘Jangan berlebihan (dalam penggunaan air)."

Walhan merupakan jenis setan yang khusus menggoda manusia melalui air. Walhan juga berperan untuk membisikan keraguan dalam hal niat sampai keyakinan akan sucinya air tersebut. Sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Al-Hakim, bahwa Rasulullah bersabda, "Sesungguhnya didalam wudhu ada setan yang dikenal dengan al-Walhan, oleh karena itu berhati-hatilah kalian dari bisikkan air”.

Kemudian, dikutip dari Almanhaj.or.id, Selasa (25/6/2019) menjelaskan bahwa, Ibn Al-Jauzi menjelaskan tahapan-tahapan setan walhan mengganggu orang berwudhu :

Pertama, dengan membuat korbannya mengulang-ngulang mengucap niat dan menyebut niat berwudhu.

Kedua, memunculkan keraguan terhadap air yang digunakan, apakah suci atau tidak.

Ketiga, membuat korbannya menggunakan air berlebihan dari yang telah diajarkan Agama.

Tata Cara Berwudhu yang Benar

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini