Share

Cari Restoran hingga Masjid, Wisatawan Muslim Dimanjakan Aplikasi Halal Traveler

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 27 Juni 2019 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2019 06 26 615 2071245 cari-restoran-hingga-masjid-wisatawan-muslim-dimanjakan-aplikasi-halal-traveler-siSehPuIm0.jpg Aplikasi Halal Traveler membantu wisatawan Muslim (Foto: Pixabay)

Tidak bisa dipungkiri, di dunia wisata kini telah terjadi beberapa tren pergeseran. Salah satu contohnya, kini wisata halal semakin diminati masyarakat.

Ini berbanding lurus dengan semakin banyaknya wisatawan Muslim dengan segala kebutuhannya yang perlu diakomodir. Mengingat pangsa pasar wisata halal dari wisatawan Muslim di berbagai penjuru dunia makin berkembang pesat.

masjid

(Foto: Pixabay)

Alhasil, dunia industri wisata pun harus mengikuti kebutuhan. Demi menjawab kebutuhan dan keinginan peminat wisata halal di Indonesia, Halal Travel Konsorsium Indonesia diketahui kembali menggelar Temu Bisnis Wisata Halal ke-4 pada Sabtu, 29 Juni 2019 di Jakarta Convention Center.

Dalam gelaran ini akan diluncurkan aplikasi Halal Traveler pertama dan terbesar di Indonesia sebagai sarana untuk memudahkan para wisatawan mengenal berbagai destinasi wisata halal di Indonesia dan yang ada di segala penjuru dunia.

Aplikasi halal untuk traveler ini penting untuk wisatawan Muslim Indonesia. Mengingat Indonesia diketahui meraih titel sebagai juara pertama sebagai negara tujuan wisata halal dunia versi Mastercard-Cresent Rating Global Muslim Traveler Index (GMTI) untuk pertama kalinya.

Namun sebetulnya, manfaat apa yang bisa didapatkan oleh wisatawan yang hendak melakukan wisata halal dengan adanya aplikasi Halal Traveler buatan anak bangsa ini?

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Bicara soal benefit, seperti dijelaskan oleh Cheriatna, selaku Sekretaris Jenderal Asosiasi Travel Halal Indonesia (ATHIN), dengan aplikasi ini pada dasarnya perjalanan para wisatawan Muslim bisa lebih terbantu. Mulai dari soal makan hingga mencari tempat ibadah.

โ€œBenefitnya sudah pasti melalui aplikasi ini traveler Muslim bisa lebih mudah menemukan restoran Halal, menemukan masjid atau musala untuk beribadah. Bukan cuma itu, lewat ini juga wisatawan juga tidak perlu sulit-sulit mencari arah kiblat, di Indonesia mungkin masih gampang ya. Tapi kan di hotel atau penginapan luar negeri, arah kiblat itu agak sulit dan jarang ditemui. Bahkan lewat aplikasi ini juga bisa sebagai pengingat waktu salat,โ€ jelas Cheriatna, saat dijumpai Okezone, Rabu (26/6/2019) dalam acara konferensi pers.

Dalam kesempatan yang sama Nur Iman Santoso, Co-Founder Halal Travel Konsorsium mengatakanb, selain membantu jadi solusi kebutuhan dasar para wisatawan Muslim seperti menemukan restoran atau tempat makan halal.

Bukan hanya untuk menemukan restoran halal, wisatawan juga bisa manfaatkan fitur 'Request' untuk melihat daftar rekomendasi untuk perjalanan berikutnya. Misalnya request untuk wisata halal di Korea Selatan, Eropa, Amerika, atau bahkan wisata religi ke Masjid Al Aqsa.

ย 

Ke depannya, aplikasi yang baru bisa digunakan pengguna Android ini juga dikembangkan agar bisa menampilkan fitur info prakiraan cuaca di destinasi wisata yang dituju hingga rekomendasi tempat belanja yang bisa didatangi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini