Deddy Corbuzier Putuskan Masuk Islam, Bagaimana dengan Agama Azka?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 02 Juli 2019 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 02 614 2073443 deddy-corbuzier-putuskan-masuk-islam-bagaimana-dengan-agama-azka-sJDjISHMhQ.jpg Deddy Corbuzier dengan Gus Miftah (Foto: Youtube)

PROSES penjemputan hidayah yang terjadi pada Deddy Corbuzier mendapat perhatian khusus netizen di media sosial. Banyak yang bangga dengan keputusan Deddy tersebut.

Namun, polemik kembali mencuat. Ya, setelah memercayai Allah SWT, Deddy Corbuzier dipertanyakan terkait status agama si anak, Azka Nikola Corbuzier, apakah Azka akan masuk Islam juga? Terlebih, kita tahu bersama juga kalau ibu kandung Azka, Kalina Oktarani, memang seorang Muslim.

Menanggapi pertanyaan netizen yang mempertanyakan agama Azka, Deddy mencoba berkonsultasi dengan Gus Miftah, guru spiritualnya yang juga menjadi saksi mualafnya seorang Deddy Corbuzeir.

Dalam video yang diunggah di Youtube Deddy Corbuzier, pria yang lahir pada 28 Desember 1976 itu menjelaskan kalau dirinya tidak pernah memaksa Azka untuk masuk Islam. Terlebih dia sadar betul kalau Azka sudah akil baligh itu berarti tanggung jawab Azka berada di tangannya sendiri.

"Buat Azka, gua akan mencontohkan yang baik. Kalau akhirnya Azka mau masuk Islam, alhamdulillah. Kalau nggak, ya, nggak apa-apa. Itu pilihan dia. Dia sudah akil baligh," kata Deddy di video youtube tersebut.

Tapi, sikap tersebut masih diragukan Deddy Corbuzier. Itu kenapa dia coba mencari jawaban pasti dari gurunya, yaitu Gus Miftah. Hal ini dia lakukan guna mengambil keputusan yang terbaik untuk Azka dan dirinya sendiri sebagai orangtua.

So, bagaimana jawaban Gus Miftah?

Di video yang kini sudah ditonton 5 juta orang, Gus Miftah menjelaskan dengan kalimat ini, "Yang mau beriman, iman lah. Ya, kalau engga, engga lah". Jadi, setiap manusia dikasih pilihan.

Gus Miftah menjelaskan kalau Allah itu Maha Demokratis. Allah tidak pernah memaksa, jadi yang mau beriman silahkan. Maka konsepnya tidak ada paksaan dalam beragama.

"Apalagi konteksnya si Azka sudah dewasa. Lo ngajak, lo kasih contoh. Kalau dia terima, ya, Alhamdulillah. Nggak, ya, pilihan dia sendiri," kata Gus Miftah yang dipanggil "Gus Tele" oleh Deddy Corbuzier.

Lalu, apakah Deddy sebagai ayah kemudian dosa karena anaknya tidak memeluk Islam? Gus Miftah menegaskan kalau lama-lama nanti jadi panitia dosa semua!

Hal ini juga pernah terjadi dengan Rasulullah yang pernah mengajak pamannya masuk Islam. Dalam kisahnya tersebut, diketahui kalau Rasulullah pernah mengajak pamannya masuk Islam, tapi sampai pamannya meninggal, dia tidak masuk Islam.

"Jadi, Nabi Muhammad berdoa pada Allah SWT supaya pamannya masuk Islam. Sampai pamannya meninggal, tetep nggak mendapat hidayah masuk Islam," katanya.

Kemudian, dijelaskan di sana kalau Rasulullah bersedih. Saat bersedih, Allah SWT mengatakan pada Nabi Muhammad melalui surah Al-Qashash ayat 56;

إِنَّكَ لَا تَهْدِي مَنْ أَحْبَبْتَ وَلَٰكِنَّ اللَّهَ يَهْدِي مَنْ يَشَاءُ ۚ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ

Artinya, "Sesungguhnya kamu tidak akan dapat memberi petunjuk kepada orang yang kamu kasihi, tetapi Allah memberi petunjuk kepada orang yang dikehendaki-Nya, dan Allah lebih mengetahui orang-orang yang mau menerima petunjuk."

Gus Miftah menegaskan kalau hidayah itu datangnya dari Allah. Hak prerogatif Allah SWT.

"Nabi Muhammad pun saat berdoa, belum mampu memberikan hidayah kepada pamannya. Karena, hidayah itu 'pure' urusan Allah," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini