nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Benarkah Walisongo Keturunan Putri Rasulullah?

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 11 September 2019 15:38 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 11 614 2103490 benarkah-walisongo-keturunan-putri-rasulullah-xehslR95lg.png Foto: Istimewa

WALI SONGO atau Walisanga dikenal sebagai penyebar agama Islam di Tanah Jawa pada abad ke-14. Mereka tinggal di tiga poros penting pantai utara Pulau Jawa, yaitu Surabaya-Gresik-Lamongan di Jawa Timur, Demak-Kudus-Muria di Jawa Tengah, dan Cirebon di Jawa Barat.

Era Wali Songo merupakan waktu berakhirnya dominasi Hindu-Budha dalam budaya nusantara, kemudian digantikan dengan kebudayaan Islam. Mereka adalah simbol penyebaran Islam di Indonesia, khususnya di Jawa.

Tentunya banyak tokoh lainnya yang juga berperan, namun peranan Wali Songo yang sangat besar dalam mendirikan Kerajaan Islam di Jawa, juga pengaruhnya terhadap kebudayaan masyarakat secara luas, serta dakwah secara langsung, membuat para wali ini lebih banyak muncul ke permukaan dibanding yang lain.

Selain di itu ada beberapa hal yang mungkin belum banyak diketahui oleh orang banyak, salah satunya adalah para Wali Songo masih memiliki garis keturunan Nabi Muhammad SAW. Pakar Sejarah dari Universitas Indonesia, Muhammad Iskandar mengatakan bahwa garis keturunan tersebut berasal dari putri Rasulullah SAW, yakni Sayyidina Fathimah RA. Menurutnya, garis keturunannya bermula pada Sunan Gresik atau yang lebih dikenal dengan Maulana Malik Ibrahim.

“Ya Itu masih ada keturunan dari Fatimah RA. itu kan Maulana Malik Ibrahim itu keturunan ke 22 Nabi Muhammad SAW,” lanjutnya.

Iskandar menjelaskan, penjelasan Nasab As-Sayyid Maulana Malik Ibrahim berada di catatan As-Sayyid Bahruddin Ba’alawi Al-Husaini yang dibukukan dalam Ensiklopedi Nasab Ahlul Bait yang terdiri dari beberapa jilid.

Dalam buku itu tertulis: As-Sayyid Maulana Malik Ibrahim bin As-Sayyid Barakat Zainal Alam bin As-Sayyid Husain Jamaluddin bin As-Sayyid Ahmad Jalaluddin bin As-Sayyid Abdullah bin As-Sayyid Abdul Malik Azmatkhan bin As-Sayyid Alwi Ammil Faqih bin As-Sayyid Muhammad Shahib Mirbath bin As-Sayyid Ali Khali’ Qasam bin As-Sayyid Alwi bin As-Sayyid Muhammad bin As-Sayyid Alwi bin As-Sayyid Ubaidillah bin Al-Imam Ahmad Al-Muhajir bin Al-Imam Isa bin Al-Imam Muhammad bin Al-Imam Ali Al-Uraidhi bin Al-Imam Ja’far Shadiq bin Al-Imam Muhammad Al-Baqir bin Al-Imam Ali Zainal Abidin bin Al-Imam Al-Husain bin Sayyidah Fathimah Az-Zahra/Ali bin Abi Thalib, binti Nabi Muhammad Rasulullah.

“Lalu sunan-sunan yang lainnya, mereka masih keturunan Fathimah RA, banyak hal yang tidak diketahui sama muslim itu sendiri di Indonesia,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini