nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Berangkat Umrah ala Haykal Kamil

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 29 November 2019 14:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 29 616 2135959 tips-berangkat-umrah-ala-haykal-kamil-leBMaHgY7A.jpg Foto: Instagram Haykal Kamil

LAMANYA waktu tunggu naik haji membuat Muslim di Indonesia menjadikan umrah sebagai perjalanan alternatif untuk beribadah di Tanah Suci. Lewat umrah, setiap umat Muslim bisa berangkat ke Makah sesuai jadwal yang diatur sendiri.

Hanya saja tidak semua orang bisa dengan mudah berangkat umrah, sebab ongkos perjalanannya naik dari tahun ke tahun. Meski begitu ongkos yang mahal sebenarnya bisa diakali dengan menabung lebih dulu.

Lalu bagaimana cara menabung yang efektif agar uangnya cepat terkumpul. Artis terkenal Haykal Kamil membagikan tipsnya untuk Anda. Tak hanya itu, ia juga memberikan bocoran tentang cara mempersiapkan diri untuk umrah.

Ilustrasi. Foto: Istimewa

Menurutnya, yang paling utama dari semuanya adalah niat ikhlas pergi umrah ke Tanah Suci karena Allah SWT. "Pertama, menurut aku mantapkan niatnya dulu karena sebagai seorang Muslim segala sesuatu harus diawali dengan niat," ujarnya kepada Okezone saat ditemui di Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

Kedua adalah mengikhlaskan semuanya, yakni ketika akan pergi ibadah ke Tanah Suci, maka urusan dunia dilupakan dan tinggalkan terlebih dahulu. Karena saat di Makah, seluruh jiwa dan raga seorang Muslim sepenuhnya akan terfokus yang berkaitan dengan akhirat.

"Kadang, kalau kita pergi umroh cuma badan kita yang pergi. Sedangkan pikiran kita masih ada di kota asal. Jadi ikhlaskan saja," terang adik dari Zaskia Adya Mecca ini.

Sedangkan untuk tabungan, Haykal selalu memisahkan antara uang reguler dan investasi. Sehingga untuk masing-masing kebutuhan punya porsinya tersendiri.

"Kalau misalnya menabung, aku terbiasa memisahkan tabungan personal dan untuk investasi. Yaitu tabungan yang enggak mau aku pakai. Jadi misalnya, kita punya kebutuhan pun kita hanya akan memakai tabungan operasional. Jadi pertama mantapkan niat, kedua pisahkan tabungannya," jelasnya.

Redaksi Okezone menerima foto atau tulisan pembaca berupa artikel tausyiah, kajian Islam, kisah Islam, cerita hijrah, kisah mualaf, event Islam, pengalaman pribadi seputar Islam, dan lain-lain yang berkaitan dengan Muslim. Dengan catatan foto atau artikel tersebut tidak pernah dimuat media lain. Jika berminat, kirim ke redaksi.okezone@mncgroup.com, cc okezone.lifestyle2017@gmail.com.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini