Share

Tips Cari Makanan Halal saat Jalan-Jalan ke Luar Negeri

Novie Fauziah, Jurnalis · Minggu 26 Januari 2020 12:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 26 615 2158449 tips-cari-makanan-halal-saat-jalan-jalan-ke-luar-negeri-lmTO7Omyz2.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SEBAGAI seorang Muslim tentunya ketika melancong ke suatu daerah atau negara harus memperhatikan kondisi wilayahnya, baik dari makanan, minuman hingga penginapan yang diutamakan harus terjamin kehalalannya.

Misalnya pergi berlibur ke negara-negara non-Muslim, maka para pelancong Muslim harus memperhatikan bahan dasar olahan makanan yang akan dikonsumi. Namun terkadang, sebagian orang (Muslim) masih kebingungan untuk mecari makanan halal dan pada akhirnya akan kebingungan.

Lalu bagaimana caranya agar mudah mendapatkan makanan halal ketika berada di negara non-Muslim?

kebingungan untuk mecari makanan halal dan pada akhirnya akan kebingungan.

Direktur Eksekutif Indonesia Halal Watch, Ikhsan Abdullah menuturkan, baiknya para wisatawan Muslim yang akan atau sedang berlibur di negara yang mayoritas bukan Islam menacari tahu terlebih dahulu.

"Ya, lebih baik wisatawan Muslim survei atau mencari lebih dulu informasi mengenai keadaan di negara yang akan dikunjungi. Misalnya makanannya halal atau tidak?" katanya kepada Okezone.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Ia melanjutkan, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mencarinya di website masing-masing negara, artikel berita, hingga aplikasi yang memberi tahu informasi tentang keberadaan makanan halal atau lokasinya sangatlah ramah terhadap Muslim.

"Bisa lewat aplikasi salah satunya, supaya wisatawan Muslim tahu kalau di negara yang akan dituju juga tersedia makanan halal dan wilayahnya juga ramah Muslim atau Muslim Friendly sekarang itu disebutnya," ujar Wakil Ketua Komisi Hukum dan Perundangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu.

informasi tentang keberadaan makanan halal atau lokasinya sangatlah ramah terhadap Muslim.

Lebih lanjut, kata Ihsan, saat ini hampir di seluruh negara menyediakan fasilitas atau kebutuhan untuk para wisatawan Muslim. Seperti restoran yang sudah memiliki sertifikat halal, ketersediaan mushala dan masjid. "Sekarang banyak negara yang sudah Muslim Friendly, jadi orang Islam merasa aman dan nyaman," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini