7 Golongan Manusia yang Nyaman di Padang Mahsyar, Pertama Pemimpin yang Adil

Novie Fauziah/Suherni, Jurnalis · Kamis 13 Februari 2020 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 13 330 2167911 7-golongan-manusia-yang-nyaman-di-padang-mahsyar-pertama-pemimpin-yang-adil-yMEkdpLx2t.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

DALAM Islam ada tempat yang disebutkan Padang Mahsyar. Ini merupakan tempat manusia berkumpul setelah mati.

“Kehidupan setelah kematian nanti dikumpulkan di suatu tempat yang sangat luas, namanya Padang Mahsyar,” ujar Pengajar Pesantren Tahfidz Weekend Ustadz Imam Nafi' Junaidi kepada Okezone pada Kamis (13/2/2020).

Sementara Dr Ahmad Hatta MA dan kawan-kawan menyebutkan dalam buku Bimbingan Islam untuk Hidup Muslimah halaman 40, setelah dibangkitkan dari kubur pascatiupan terompet kedua, manusia dikumpulkan di Padang Mahsyar, dalam keadaan seperti ketika ia dilahirkan. Nabi bersabda, Kalian akan dikumpulkan di Padang Mahsyar (dalam keadaan) tidak bersandal, telanjang, dan tidak berkhitan. 'Aisyah bertanya, "Wahai Rasulullah, apakah laki-laki dan perempuan bisa saling melihat (aurat) satu sama lain? Nabi menjawab, Masalah yang dihadapi ketika itu sangat dahsyat sehingga orang tidak memikirkan hal itu." (Shahih Bukhari, 5/6162).

Jarak Padang Mahsyar dan matahari sangat dekat, sehingga ada orang yang berkeringat sampai mata kaki, lutut, pinggang, dan ada yang sampai mulutnya. Namun, banyak juga orang yang nyaman berlindung di bawah 'Arasy Allah.

Tujuh golongan manusia yang nyaman di Padang Mahsyar yaitu:

1. Pemimpin yang adil.

2. Pemuda-pemudi ahli ibadah.

3. Orang yang hatinya terpaut dengan masjid.

4. Orang yang cinta dan benci karena Allah.

5. Orang yang tidak berani melakukan maksiat karena takut kepada Allah.

6. Orang yang bersedekah dengan sembunyi-sembunyi.

7. Orang yang mengingat Allah sampai menangis.

Lebih lanjut, kondisi yang sulit itu membuat manusia mencari nabi yang bisa memberikan syafa'at, yaitu memintakan ampunan kepada Allah atas dosa-dosa yang pernah dilakukannya. Tidak ada satu pun nabi yang bisa memberi syafa'at, kecuali Nabi Muhammad.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini