Temuan Ilmuwan Muslim Ini Dipakai Umat Manusia hingga Sekarang

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 20 Februari 2020 15:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 20 614 2171510 temuan-ilmuwan-muslim-ini-dipakai-umat-manusia-hingga-sekarang-b4i5dkjihy.jpg foto: ilustrasi Reuters

MUDAHNYA kehidupan di zaman modern ini tak lepas dari benda-benda yang mempermudah aktivitas kita. Ada beragam benda yang tentunya telah melalui tahap penyempurnaan hingga berhasil dimanfaatkan saat ini.

Ternyata, beberapa benda yang kita pakai sehari-hari, ada peran ilmuwan muslim di dalamnya. Mereka menemukan benda-benda yang kemudian membantu kita menjalani kehidupan sehari-hari dengan mudah.

Seperti dilansir dari laman mvslim pada Senin (17/2/2020), berikut benda-benda yang ditemukan ilmuwan muslim.

Jam

Seorang pria asal Diyabakir, Turki bernama Al Jazari adalah seorang muslim dan juga insinyur yang sangat terampil dalam membuat konsep mesin otomatis. Pada 1206, Al Jazari telah membuat banyak jam dengan berbagai bentuk dan ukuran.

Hingga saat ini, jam telah berfungsi sebagai penolong hidup manusia dalam membagi waktu, meningkatkan kedisiplinan diri, serta mempermudah hidup. Al-Jazari berpegang teguh pada tradisi pembuatan jam. Mereka tahu bahwa hal itu penting untuk mengetahui waktu sehingga dapat digunakan dengan baik seperti tahu kapan harus salat pada waktu yang tepat setiap hari dan mengumumkan panggilan untuk salat di masjid.

Peta

Peta sangat bermanfaat untuk membantu orang yang tersesat. Peta sudah eksis sekitar 3500 tahun. Awalnya peta dibuat dari tanah liat. Namun seiring perkembangan zaman peta dibuat menggunakan kertas. Memasuki zaman modern saat ini, peta menggunakan sistem satelit dan GPS (Global Positioning System) seperti Google Map.

Awal mulanya, peta dibuat oleh seorang pelancong. Perjalanan yang dilakukannya pada abad ke 7 ini guna menyebarkan ajaran islam dan juga berdagang. Peta diketahui dari mulut ke mulut, tapi pada abad ke 8 peta pertama di produksi di Baghdad.

ist

Pesawat Terbang

Abbas Ibn Firnas adalah ilmuwan muslim pertama yang membuat upaya nyata untuk membangun mesin terbang dan berhasil terbang. Pada abad ke 9 dia merancang alat bersayap yang kira-kira menyerupai kostum burung. Dalam persidangannya yang paling terkenal, dekat Cordoba di Spanyol, Firnas terbang ke atas untuk beberapa saat, sebelum jatuh ke tanah dan sebagian mematahkan punggungnya. Desainnya pasti akan menjadi inspirasi bagi seniman dan penemu Italia terkenal Leonardo da Vinci sekitar enam ratus tahun kemudian.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Kamera

Kamera pertama dibuat seorang cendekiawan muslim bernama Abu Ali Al-Hasan Ibn Al-Haytham. Dia merevolusi optik, mengambil subjek dari yang dibahas secara filosofis menjadi sains aktual berdasarkan eksperimen.

Ibn Al-Haytham juga menolak gagasan Yunani bahwa cahaya yang tak terlihat yang memancar dari mata menyebabkan penglihatan, dan sebaliknya dengan tepat menyatakan bahwa penglihatan disebabkan oleh cahaya yang memantulkan suatu objek dan memasuki mata.

Dengan menggunakan ruangan gelap dengan lubang jarum di satu sisi dan kain putih di sisi lain, ia memberikan bukti untuk teorinya. Cahaya masuk melalui lubang dan memproyeksikan gambar terbalik dari benda-benda di luar ruangan pada lembar di seberangnya. Dia menyebut ini "qamara". Itu adalah kamera obscura pertama di dunia.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya