nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pandemi Virus Corona, Gus Kikin Serukan Muhasabah Diri

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Kamis 19 Maret 2020 08:53 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 19 330 2185624 pandemi-virus-corona-gus-kikin-serukan-muhasabah-diri-IJXkT6rGcS.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

PENGASUH Pesantren Tebuireng KH Abdul Hakim Mahfudz menilai muhasabah diri baik dilakukan di tengah pandemi virus corona (COVID-19).

Muhasabah maksudnya intropeksi diri sendiri atas segala perbuatan, ucapan, bahkan pikiran yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Abdul Hakim Mahfudz atau yang akrab disapa Gus Kikin mengatakan Muslim harus berfikir bagaimana menjalani ketaatan kepada Allah SWT. Lalu memikirkan apa yang dilakukan diri sendiri sehingga Sang Pencipta menurunkan pademi virus corona.

“Kita harus pikirkan bersama. Berfikir bagaimana kita menjalani ketaatan kepada Allah selama ini. Apa saja yang selama ini kita lakukan sehingga Allah menurunkan suatu wabah yang amat dahsyat hebatnya kepada seluruh alam. Semoga kita selalu berada dalam lindungan-Nya,” ujarnya saat memberikan pengarahan kepada santrinya awal pekan lalu sebagaimana dilansir dari laman Tebuireng.

Lebih lanjut Gus Kikin mengajak seluruh santrinya untuk melakukan muhasabah. Muhasabah tersebut juga bertujuan mengetahui kebesaran Allah dalam menguji setiap hamba-hamban-Nya.

Selain itu Gus Kikin menghimbau santri pengurus maupun seluruh guru meningkatkan kualitas ibadah kepada Allah SWT. Peningkatan ibadah tersebut, menurutnya adalah buah dari pengamalan ilmu yang selama ini dipelajari.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini