Khofifah Ajak Warga Jatim Ikut Istighosah Kubra Online di Malam Nisfu Sya'ban

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Selasa 07 April 2020 16:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 07 614 2195565 khofifah-ajak-warga-jatim-ikut-istighosah-kubra-online-di-malam-nisfu-sya-ban-MtogBYiuWo.jpg Ilustrasi. Foto: Freepik

PEMERINTAH Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) bekerja sama dengan pengurus Nahdlatul Ulama (NU) setempat untuk menggelar Istighosah kubra secara online pada malam Nisfu Sya'ban, Rabu 8 April 2020 mulai pukul 19.30 WIB. Acara yang digelar di beberapa titik itu merupakan langkah spritual untuk mengentaskan pandemi virus corona (COVID-19).

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan Istighosah kubra di malam Nisfu Sya’ban akan dipimpin oleh 19 kiai sepuh. “Untuk masyarakat Jawa Timur dan di manapun berada, maka ikhtiar yang akan kami lakukan bersama dengan 19 masyayikh dan ulama dalam kordinasi PWNU Jawa Timur, saya mengajak seluruh masyarakat Jawa Timur dan masyarakat yang bisa, mengikuti istighostah secara online ini bersama- sama,” ujarnya.

“Berdzikir mohon kepada Allah agar virus COVID-19 diangkat dari bumi Indonesia dan Jawa Timur pada khususnya. Kemungkinan ini adalah Istighosah Qubro online pertama yang pernah dilakukan di negeri ini,” tambahnya.

Khofifah berharap dzikir dan doa yang dirangkai dalam Istighosah Kubra di malam Nisfu Sya’ban membuat Allah membuka pintu keselamatan sehingga warga bebas dari COVID-19.

“Mudah-mudahan kebersamaan kita, keikhlasan kita, kekusyukan kita beristighosah secara online, dipandu 19 masyayikh dan ulama PWNU Jatim, akan menjadi bagian dari pembuka pintu keselamatan dan kesehatan, di antara seluruh ikhtiar kita untuk bisa terbebas dari COVID,” ucapnya.

Sementara dikutip dari Nu Online, lokasi pelaksanaan istighosah tersebut yakni di kantor Pengurus Wilayah NU (PWNU) Jatim, Gedung Negara Grahadi Surabaya, serta di Pesantren Lirboyo di Kediri.

"Meski istighosah dilakukan di tiga titik, tapi masyarakat bisa menyaksikan melalui TVRI dan 19 media televisi dan radio lokal di Jawa Timur,” ujar Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Ia juga memaparkan bahwa 19 kiyai yang memimpin amalan ini, ditempatkan secara terpisah. Rinciannya 11 kiai yang akan memimpin istighosah di Kantor PWNU Jatim terdiri dari KH Miftahul Ahyar (Miftachussunnah, Surabaya), KH Nawawi Abd Jalil (Sidogiri, Pasuruan), KH Agoes Ali Masyhuri (Bumi Shalawat, Sidoarjo), dan KH Mutawakkil Alallah (Zainul Hasan, Genggong Probolinggo).

Kemudian ada juga KH Ubaidillah Faqih (Langitan), KH Abd Adhim Kholili (Bangkalan), KH Abd Matin Djawahir (Tuban), KH Marzuki Mustamar, KH Ali Maschan Moesa (Surabaya), KH Syafrudin Syarif (Probolinggo), serta KH Dzul Hilmi (Surabaya).

Sedangkan yang memimpin di Pesantren Lirboyo yaitu KH Anwar Manshur, KH Kafabihi Mahrus, KH Zainuddin Djazuli (Ploso), KH Nurul Huda Djazuli (Ploso), KH Fuad Djazuli (Ploso), KH Anwar Iskandar (Ngasinan) KH Abd Hadi, dan KH Athoillah Anwar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya