Di Tempat Ini Nabi Isa Turun pada Akhir Zaman

Restu Prihargayu, Jurnalis · Senin 13 April 2020 13:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 13 614 2198354 di-tempat-ini-nabi-isa-turun-pada-akhir-zaman-7eTaaGZLqW.jpg ilustrasi: Istock

UMAT Islam memercayai bahwa Nabi Isa Alaihissalam akan turun kembali ke bumi dan menyelamatkan umat manusia, membunuh dajjal, menumpas ya'juj dan ma'juj, serta membersihkan akidah umat Islam dari berbagai penyimpangan serta fitnah dajjal.

Sebagaimana diriwayatkan oleh Thabrani, menjelang semua peristiwa di atas, tepatnya sebelum kiamat terjadi, Nabi Isa akan turun di sebuah menara yang ada di daerah Damsyik (Damaskus). ''Isa ibn Maryam akan turun di 'Menara Putih’ di Damsyik (Damaskus) bagian timur.'' (HR Thabrani dari Aus bin Aus).

Dilansir dari islamic landmarks, Senin (13/4/2020), Damaskus merupakan ibu kota Suriah yang menyimpan banyak sekali sejarah Islam. Di kota inilah terdapat makam Nabi Yahya Alaihissalam juga makam mujahid Islam bernama Shalahuddin Al Ayyubi, panglima pasukan Islam yang berhasil membebaskan Palestina dari penjajahan tahun 582 H setelah sebelumnya dibebaskan oleh Khalifah Umar bin Khatthab tahun 15 H.

Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam berkata :

“Selama Me'raj (Kenaikan), saya bertemu Isa di surga kedua. Saya menemukan dia bertubuh sedang, putih kemerahan. Tubuhnya begitu bersih dan jernih, seolah-olah dia baru saja melakukan ghusal (wudhu, pembersihan seluruh tubuh) dan datang. "

Dalam hadist lain, Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam menyebutkan,

“Allah akan mengirim Maseeh ibne Maryam (Mesias putra Maryam). Dengan demikian ia akan turun di dekat menara putih timur Damaskus, yang terbungkus dua lembar kuning, bersandar di bahu dua malaikat. "

Ciri-ciri fisik Nabi Isa adalah ia akan menyerupai sahabat Rasullullah yang terkenal Urwa bin Masood. Tinggi badannya putih kemerahan. Rambutnya akan menjalar ke bahu, lurus, rapi dan bersinar seperti sehabis mandi. Saat menundukkan kepalanya, akan terlihat seolah-olah ada mutiara yang jatuh. Dia akan memiliki baju besi di tubuhnya. Ia akan mengenakan dua potong kain berwarna kuning muda.

Nabi Isa akan turun ke kelompok orang-orang saleh berada yang terdiri dari 800 pria dan 400 wanita. Orang-orang akan bersiap untuk perang pada saat melawan dajjal. Ini akan terjadi pada waktu sholat Subuh, dan Imam Mahdi akan menjadi Amir (pemimpin) umat Islam.

Dari kegelapan fajar, tiba-tiba akan terdengar suara yang mengatakan "orang yang mendengarkan permintaanmu telah datang". orang-orang yang saleh akan melihat ke mana-mana dan mata mereka akan tertuju pada Nabi Isa.

Secara singkat, pada saat Subuh, Nabi Isa akan turun ke bumi. Ketika turun, tangan Nabi Isa akan berada di pundak dua malaikat. Dia akan menanyakan  pendapat mereka tentang jihad melawan dajjal. Nabi Isa akan turun di sisi timur dekat menara di Damaskus (menurut sumber lain di Baitul-Muqaddus).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Pada saat itu Imam Mahdi akan maju untuk memimpin sholat Subuh. Iqamat Sholat sudah dibacakan dan Imam Mahdi akan memanggil Nabi Isa untuk Imamah (untuk memimpin shalat), tetapi dia (Isa sebaliknya akan meminta Imam Mahdi untuk memimpin sholat sejak Iqamat shalat itu telah dikatakan untuknya. Dengan demikian Imam Mahdi akan memimpin shalat, dan Isa AS akan mengikutinya. Setelah ruku, Nabi Isa AS akan mengatakan dengan lantang "Allah telah membunuh Dajjal dan kaum Muslim telah muncul."

Nabi Isa kemudian akan membunuh dajjal dan perdamaian akan datang ke dunia. Lalu, Nabi Isa akan menikah dan memiliki anak dan akan hidup selama 19 tahun setelah pernikahannya. Dia kemudian akan meninggal dan dimakamkan di sebelah Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam di Masjid Nabawi, Madinah.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya