Arab Saudi Larang Tarawih di Masjid, Pemakaman Maksimal 6 Orang

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 18 April 2020 09:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 18 614 2201157 arab-saudi-larang-tarawih-di-masjid-pemakaman-maksimal-6-orang-UxZutgyfpc.JPG

Wabah Corona (COVID-19) memaksa setiap orang di seluruh dunia untuk berdiam diri di rumah. Beragam aktivitas pun dibatasi termasuk peribadatan, resepsi pernikahan hingga upacara pemakaman jenazah.

Jelang bulan suci Ramadhan, Pemerintah Arab Saudi sudah terlebih dahulu mengeluarkan larangan menggelar sholat tarawih di masjid-masjid. Termasuk sholat berjamaah lima waktu hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Menteri Urusan Agama Islam Arab Saudi, Abdul Latif Al-Sheikh, mengatakan bahwa semua ibadah harus digelar di rumah masing-masing demi kesehatan dan keselamatan bersama.

“Larangan untuk melakukan sholat wajib berjamaah di masjid lima kali dalam sehari lebih penting daripada larangan sholat tarawih. Kita minta kepada Allah untuk menerima ibadah sholat tarawih kita baik itu dilakukan di masjid atau di rumah, yang mana kami pikir jadi cara yang lebih baik untuk kesehatan semua orang. Kita minta kepada Allah untuk menerima semua ibadah salat kita, dan melindungi kita semua dari epidemi yang menghantam seluruh dunia ini,” jelas Abdul Latif, seperti dikutip Dailypost, Sabtu (18/4/2020).

Tak hanya urusan ibadah, segala aktivitas di luar ruangan yang berpotensi menjadi sumber penyebaran virus corona dihentikan. Sanksi berupa denda dan penjara memanti bagi para pelanggar aturan.

"Ini adalah tindakan pencegahan, sejalan dengan larangan berkumpul, begitu juga dengan acara pemakaman dan doa yang dilakukan di pemakaman tidak boleh melebihi lima hingga enam orang dari yang meninggal yang hadir. Sisanya cukup berdoa di rumah masing-masing."

Pemerintah Arab Saudi memberlakukan kebijakan lockdown di beberapa kota utama seperti Riyadh, Mekkah dan Jeddah. Data pada Sabtu 18 April 2020, untuk kasus COVID-19 Arab Saudi sebanyak 7.142 kasus, 1.049 orang sembuh dan 87 meninggal dunia.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya