Berpuasa Tapi Tidak Sholat Tarawih, Bagaimana Hukumnya?

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 30 April 2020 15:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 30 616 2207336 berpuasa-tapi-tidak-sholat-tarawih-bagaimana-hukumnya-arT2kiJWYQ.jpg ilustrasi/ist

IBADAH puasa hukumnya wajib dilaksanakan oleh umat Islam selama bulan suci Ramadhan. Selain itu, banyak amalan-amalan sunah yang dapat dilakukan untuk memperoleh pahala lebih. Salah satunya dengan cara sholat tarawih berjamaah maupun sendiri.

Akan tetapi bagaimana jika puasa namun tidak sholat tarawih? Apakah ibadah puasanya tetap sah?

Menjawab pertanyaan tersebut, Guru Fikih Pondok Pesantren Al-Masthuriyah Sukabumi, Ustadz Mumu Mudzakir menuturkan, bahwasannya sholat tarawih adalah ibadah yang tidak diwajibkan. Namun hukumnya adalah sunah muakad artinya sangat dianjurkan.

"Jadi kalau puasa tapi tidak sholat tarawih sebenarnya tidak apa-apa, tidak berdosa jika meninggalkannya. Namun jika melaksanakannya maka pahalanya akan bertambah di bulan Ramadhan ini," katanya saat dihubungi Okezone, Kamis (30/4/2020).

Lebih lanjut, Allah Subhanahu wa Ta'ala dalam firmannya menyebutkan bahwa yang diwajibkan selama Ramadhan adalah puasa, zakat dan sholat fardhu seperti biasanya.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."(QS Al Baqarah : 183).

"Tapi memang lebih baik jika Sholat Tarawih tetap dilaksanakan. Walau hukumnya sunah, tidak ada salahnya untuk menjalankannya," terangnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ.

Artinya:"Barang siapa yang melaksanakan qiyam Ramadhan dengan penuh keimanan dan mengharapkan balasan pahala, maka akan diampuni dosanya yang telah lalu."( HR Bukhari Muslim).

Menjalankan ibadah sunah selama Ramadhan sangatlah dianjurkan, terlebih apabila seorang muslim memiliki waktu luang yang banyak. "Baiknya diisi dengan ibadah, atau hal-hal positif lainnya selama bulan suci Ramadhan," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya