Apakah Meninggal di Bulan Ramadhan Dijamin Masuk Surga?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 05 Mei 2020 12:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 05 614 2209418 apakah-meninggal-di-bulan-ramadhan-dijamin-masuk-surga-IP7UwZtScP.jpg ilustrasi: shutterstock

KEPERGIAN penyanyi campursari Didi Kempot menyisakan duka mendalam bagi keluarga, sahabat, maupun para penggemarnya.

Sosok yang dijuluki GodFather of Broken Heart itu meninggal dunia di Rumah Sakit Kasih Ibu, Surakarta, Jawa Tengah, pukul 07.45 WIB, Selasa (5/5/2020) atau bertepatan dengan 12 Ramadhan 1441 Hijriah.

Banyak pula yang mempertanyakan, apakah meninggal di bulan suci Ramadhan akan memiliki keistimewaan seperti layaknya orang yang meninggal di hari Jumat. Dan benarkah orang yang meninggal dunia di bulan suci ini dijamin Allah masuk surga?

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda:

"Barangsiapa yang mengatakan Laa Ilaha Illalah dengan hanya mengharapkan ridha Allah lalu meninggal dalam keadaan seperti itu, maka dia masuk surga. Barangsiapa yang berpuasa suatu hari dengan hanya mengharapkan ridha Allah lalu meninggal dalam keadaan seperti itu, maka dia masuk surga. Barangsiapa yang bersedekah dengan suatu sedekah dengan hanya mengharapkan ridha Allah lalu meninggal dalam keadaan seperti itu, maka dia masuk surga." (HR Ahmad)

Hadits di atas adalah khusus bagi hamba-hamba Allah yang beriman dan meninggal dalam keadaan beriman, serta mengharapkan ridha-nya di dalam amal-amal salehnya, tidak terkecuali jika hal itu terjadi di bulan Ramadhan.

Menanggapi hal ini, Ustadz Najmi Fathoni mengatakan bahwa tidak ada hadist yang menjelaskan keutamaan orang meninggal dunia di bulan Ramadhan. Kecuali jika orang tersebut meninggal dalam keadaan berpuasa.

“Secara spesifik yang menjelaskan keutamaan meninggal di bulan Ramadhan itu hampir tidak ditemukan ya dalilnya. Yang pasti meninggal itu tergantung amalnya, Kalau amalnya dia baik, maka Insya Allah ditempatkan di tempat yang baik,” ujarnya.

“Tapi kalau dia meninggal dalam keadaan buruk walaupun di bulan Ramadhan maka tetap (harus mempertanggung jawabkan dosanya),” sambung ustadz Najmi.

Dia menambahkan, bahwa orang yang sedang berpuasa kemudian meninggal, itu yang akan masuk surga. “Saat dia berpuasa dan meninggal dunia itu baru ada keutamaannya,” tandasnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Dalil yang menunjukan keutamaan meninggal pada saat berpuasa terdapat pada hadist riwayat Ahmad. “Siapa berpuasa sehari dan ikhlas karena Allah, serta menutup akhir hidupnya dengan ibadah itu, maka ia masuk surga”.

Seperti diketahui, orang yang masuk surga adalah orang yang bertakwa kepada Allah dan Rasulnya. Jadi bagi orang yang meninggal di bulan Ramadhan tetap diperhitungkan amal baik mereka. Jika Allah menyatakan amal kebaikan mereka cukup, mereka akan masuk surga dan ketika dia memilliki banyak dosa dia tetap akan masuk neraka sebagaimana ketetapan Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya