Bolehkah Iktikaf di Rumah Saat Pandemi Corona? Simak Penjelasannya

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 05 Mei 2020 15:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 05 616 2209555 bolehkah-iktikaf-di-rumah-saat-pandemi-corona-simak-penjelasannya-KQhdtEznhZ.jpg ilustrasi: shutterstock

SALAH satu sunah yang sangat dianjurkan ketika datangnya bulan suci Ramadhan adalah iktikaf atau berdiam diri di masjid dengan maksud mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala. Iktikaf biasanya dilakukan sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan untuk mendapatkan malam lailatul qadar.

Namun, karena wabah virus corona (COVID-19) yang melanda hampir seluruh dunia, umat Islam diminta beribadah di rumah serta tidak diperbolehkan pergi ke masjid untuk memutus mata rantai virus tersebut.

Lantas, bagaimana hukum melakukan iktikaf di rumah?

Untuk menjawab hal ini, Guru Fikih Pondok Pesantren Al-Masthuriyah, Ustadz Mumu Mudzakir mengatakan, beribadah di mana saja hukumnya sah. Asalkan tempatnya suci atau bersih, dan tentunya dengan niatan ingin mendekatkan diri kepada Allah.

"Ya boleh saja kalau misalnya iktikaf di rumah, walau sebenarnya lebih baik di masjid. Namun karena kondisi adanya wabah penyakit ini lebih baik di rumah saja ibadahnya," ucapnya saat dihubungi Okezone, Selasa (5/4/2020).

Sebab kata Iktikaf sendiri berasal dari Bahasa Arab akafa yang berarti menetap, mengurung diri atau terhalangi. Kemudian hal ini tertuju pada konteks ibadah dalam Islam, yakni berdiam diri di dalam masjid dalam rangka untuk mencari keridhaan Allah.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(fmi)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya