Cewek Cantik Digoda Cowok dengan Ucapan Salam, Apakah Wajib Menjawab?

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 20 Mei 2020 00:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 20 616 2216743 cewek-cantik-digoda-cowok-dengan-ucapan-salam-apakah-wajib-menjawab-YY6iQi70WE.jpg Ilustrasi. Film Assalamualaikum Calon Imam

Mengucapkan salam kepada sesama muslim merupakan bagian dari akhlak terpuji dan sangat dianjurkan, sementara menjawabnya hukumnya adalah wajib. Namun ketika ucapan salam itu menjadi candaan atau godaan, apakah tetap wajib hukumnya dijawab?

Fenomena ini jamak dialami para perempuan muda. Biasanya mereka digoda dengan sapaan assalamu alaikum di jalan atau di tempat lain. Syekh Muhammad Nawawi bin Umar al Bantanie dalam kitab Tanqihul Qoulil Hadits telah menjawabnya. Dalam bab ke-18, mengenai keutamaan salam, disebutkan:

"Adapun ucapan salam seorang lelaki kepada wanita yang muda adalah dimakruhkan, kendati wanita itu tidak memunculkan diri, maka tidak berdosa."

(Baca Juga : Penyerang Klub Liga Inggris Ini Selalu Tadarus Sebelum Bertanding)

Sementara itu, Sekretaris Dewan Keluarga Masjid (DKM) Masjid El Syifa Ciganjur, Ustadz Hadi Saifullah menyatakan bahwa hukum asal menjawab salam adalah wajib, sementara menyampaikan salam sunah.

“Namun kebiasaan anak-anak remaja menjadikan itu sebagai godaan, kita ambil sisi baiknya saja bahwa mereka masih menghormati perempuan karena biasanya (yang digoda) berjilbab, dan itu menunjukkan bahwa jilbab bisa mengubah prilaku lawan jenis," ujarnya kepada Okezone.

Lebih lanjut, kata ustadz Hadi, bisa saja salam yang dinilai sebagai godaan itu adalah doa penyelamat. Baik yang mengucapkannya, maupun yang menjawabnya.

(Baca Juga : Wabah Corona Bawa Kabar Gembira untuk 2 Juta Muslim di Italia)

Lalu bagaimana hukum mengucapkan salam kepada anak-anak, baik perempuan maupun laki-laki? Syekh Muhammad Nawawi bin Umar al Bantanie menyatakan hukumnya sunah. Hal ini karena mengajarkan kepada si anak berakhlak yang baik.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

"Adapun mengucapkan kepada anak kecil, maka hal itu disunahkan, karena sesungguhnya di dalamnya terdapat pengajaran tata krama bagi mereka."

Oleh karenanya, menjawab salam terhadap sesama muslim hukumny adalah diwajibkan dan juga mendapatkan pahala. Sebagaimana Allah SWT berfirman:

وَإِذَا حُيِّيتُم بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوا۟ بِأَحْسَنَ مِنْهَآ أَوْ رُدُّوهَآ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ حَسِيبًا

Wa iżā ḥuyyītum bitaḥiyyatin fa ḥayyụ bi`aḥsana min-hā au ruddụhā, innallāha kāna 'alā kulli syai`in ḥasībā

(Baca Juga : Rebutan Jadi Imam Masjid, 8 Orang Terluka)

Artinya: "Apabila kamu diberi penghormatan (salam) dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa). Sesungguhnya Allah memperhitungankan segala sesuatu" (QS. An-Nisa ayat 86).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya