Aa Gym: Hindari Iri dan Dengki Atas Rezeki Orang Lain

Saskia Rahma Nindita Putri, Jurnalis · Minggu 31 Mei 2020 09:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 31 616 2222203 aa-gym-hindari-iri-dan-dengki-atas-rezeki-orang-lain-Q7Lagc77wC.jpg

Iri dan dengki merupakan suatu emosi yang tak jarang dirasakan oleh manusia. Tanpa disadari, perasaan ini terkadang muncul begitu saja ketika kita melihat keberhasilan orang lain.

Mengutip dari akun resmi Aa Gym, Minggu (31/5/2020), tak ada baiknya untuk memendam rasa iri dan dengki terhadap limpahan rezeki pada orang lain. Kenapa? Karena rezeki setiap orang sudah memiliki porsinya masing-masing.

Aa Gym menambahkan, janganlah takut tidak punya rezeki, namun takutlah tidak mendapatkan berkah dari apa yang kita miliki. Takutlah saat kita tidak mampu untuk merasa bersyukur, ketabahan, serta keridhaan. “Sudah sepatutnya perasaan iri dan dengki harus dihindari. Percayalah bahwasanya setiap orang memiliki kavlingnya masing-masing atas rezeki yang dilimpahkan kepadanya,” ujarnya.

Soal rezeki, kata Ketua Ikatan Sarjana Quran dan Hadits Ustadz Fauzan Amin, adalah rahasia Allah SWT. Karena itu, sudah sepantasnya kita memohon kemurahan Allah untuk memberikan rezeki. Baik rezeki dalam pekerjaan, rezeki dalam bisnis, atau pun rezeki dari sumber yang lain.

(Baca Juga: Virus yang Lebih Berbahaya dari Covid-19)

Sampaikanlah permohonan dalam bentuk doa minta rezeki yang berlimpah kepada Allah. Doa yang disertai dengan kesungguhan, ketulusan dan kebersihan hati serta memohonnya pada waktu mustajab akan lebih mudah terkabul.

“Doa terbaik adalah doa yang tertulis dalam Alquran kemudian ada juga yang di dalam hadist-hadist Nabi. Ada juga doa yang dibuat oleh para ulama dan semua doa itu baik selama tidak melanggar aturan nash,” ujarnya.

Berikut doa-doa memohon rezeki dalam Alquran dan hadist

﴿رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَهَبْ لِيْ مُلْكاً لَا يَنْبَغِيْ لِأَحَدٍ مِنْ بَعْدِى إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ﴾

"Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang pun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi." (QS. Shaad/38: 35)

اَللّٰهُمَّ اَكْفِنِيْ بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ، وَأَغْنِنِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ.

“Ya Allah, berilah aku kecukupan dengan rezeki yang halal, sehingga aku tidak memerlukan yang haram, dan berilah aku kekayaan dengan karuniamu, sehingga aku tidak memerlukan bantuan orang lain, selain diri-Mu.” (HR. Ahmad)

(Baca Juga : Viral Pria Tawaf Sendirian di Ka'bah, Mimpi 20 Tahun yang Jadi Kenyataan)

اَللّٰهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْكُفْرِ وَالْفَقْرِ وَعَذَابِالْقَبْرِ

“Ya Allah, aku berlindung dari kekufuran, kemiskinan dan siksa kubur.” (HR. Ahmad, Nasa’i, dan Abi Syaibah)

رَبَّنَا أَنْزِلْ عَلَيْنَا مَائِدَةً مِنَ السَّمَاءِ تَكُوْنُ لَنَا عِيْدًا لِأَوَّلِنَا وَءَاخِرِنَا وَءَايَةً مِنْكَ وَارْزُقْنَا وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

“Ya Tuhan kami, turunkanlah kepada kami hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu bagi orang orang yang bersama kami dan yang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan engkau, beri rezekilah kami, dan Engkaulah pemberi rezeki yang paling utama.” (QS. Al-Maidah/5: 114)

Tak hanya berdoa, ada sejumlah amalan lain untuk melancarkan rezeki. Di antaranya adalah rajin bersedekah, rutin membaca Alquran utamanya membaca surat Al Waqiah, memperbanyak istighfar, dan istiqomah sholat dhuha.

“Jangan pernah tinggalkan salat dhuha, selain mendapatkan pahala yang banyak salat dhuha juga dapat memperlancar rezeki,” Ustadz Kiki Al Haddad, alumnus Pondok Pesantern Darutauhid, Malang, menjelaskan.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Salat dhuha itu dapat mendatangkan rejeki dan menolak kefakiran, Dan tidak ada yang akan memelihara Shalat Dhuha melainkan orang-orang yang bertaubat”

(Baca Juga : Viral Video Imam Sholat Idul Fitri Lari Tinggalkan Jamaah karena Didatangi Polisi)

“Baca surat Al Waqiah juga ketika ingin bekerja, Insya Allah hidup dijauhi dari kekurangan.”

Ustadz Kiki menjelaskan bahwa Imam Jafar pernah berkata,“Barang siapa membaca surat Al Waqiah di waktu pagi ketika keluar dari rumahnya untuk bekerja atau untuk mencari kebutuhan, maka Allah akan mempermudah rezekinya dan mendatangkan hajatnya. Dan barang siapa yang membaca surat Al Waqiah di waktu pagi dan sore, maka ia tidak akan kelaparan dan kehausan. Dan tidak akan takut terhadap orang yang akan memfitnah, sedangkan fitnahnya kembali ke orang itu.” (Kitab Khazinatul Asrar Kubra hal 360.a)

Tips lainnya agar rezeki tak pernah kering adalah memperbanyak Istighfar. Nabi bersabda,“Barangsiapa memperbanyak istighfar, niscaya Allâh mengubah setiap kesedihannya menjadi kegembiraan; Allah Azza wa Jalla memberikan solusi dari setiap kesempitannya (kesulitannya), dan Allâh anugerahkan rizki (rezeki) dari jalur yang tiada disangka-sangka,” (HR. Ahmad dan al-Hakim)

Amalan lain untuk memperlancar rezeki adalah gemar bersedekah dan silaturahim. Sebagaimana disebutkan dalam firman Allah surat Al-Baqarah ayat 261: “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

“Siapa yang ingin rezekinya diperluas dan umurnya panjang maka hendaknya ia bersilaturahmi.” (HR. Bukhari)

Kombinasi antara doa-doa di atas, amalan penarik rezeki serta ikhtiar Insya Allah akan menuai ridha-Nya, sehingga permohonan kita untuk selalu diberi kecukupan bahkan kelebihan rezeki akan terwujud.

1
3
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini