Doa Ashabul Kahfi, Senjata Gus Dur Pecahkan Masalah

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 05 Juni 2020 18:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 05 618 2225071 doa-ashabul-kahfi-senjata-gus-dur-pecahkan-masalah-GSygK10nYj.jpg Ilustrasi doa. (Foto: Shutterstock)

KIAI Haji Abdurrahman Wahid, atau akrab disapa Gus Dur, dikenal sebagai sosok ulama karismatik dan humoris. Meski sudah wafat, semua amalan yang pernah diberikan hingga kini masih dikenang dan dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya doa Ashabul Kahfi yang pernah dibaca oleh Gus Dur.

Dikutip dari akun isntagram @ulama.nusantara, Jumat (5/6/2020), berikut ini doa Ashabul Kahfi yang dibaca Gus Dur, khususnya ketika dalam kesulitan:

رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

Rabbanaa aatinaa min ladunka rahmataw wahayyi’ lanaa min amrinaa rasyadaa.

Artinya: "Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami." (QS Al Kahfi: 10).

Doa tersebut selalu dibaca oleh Ashabul Kahfi, yakni penghuni gua ketika dikejar serta diintimidasi oleh raja kejam dari Romawi bernama Dikyanus sebagai penyembah berhala.

Raja ini mempunyai kebiasaan membantai orang yang selalu menentangnya, serta selalu menyembelih hewan ternak yang dipersembahkan untuk berhala.

Oleh karena itu dalam Tafsir Al Baghawi disusun oleh Imam Husain bin Mas'ud Al Baghawi dijelaskan, ketika manusia tengah dalam kesulitan, tidak menemukan jalan keluar dalam masalah yang sedang hadapi, maka dianjurkan membaca doa ini.

Selain itu, doa ini juga berisi tentang permintaan agar selalu dirahmati oleh Allah Subhanahu wa ta'ala, karena akan mendatangkan ampunan, serta mempermudah datangnya rezeki, dan membawa serta mendapatkan perlindungan dari serangan musuh.

Syekh Nawawi al Bantani menambahkan, doa tersebut bertujuan dimudahkan dalam segala urusan, terutama agar tercapai keinginan yang diharapkan.

Doa Ashhabul Kahfi ini menjadi salah satu sebab ketika Allah Subhanahu wa ta'ala merahmati Ashahbul Kahfi, dan Allah menidurkan mereka di gua sampai 309 tahun yang tertulis dalam Surah Al Kahfi Ayat 25.

Hingga akhirnya Allah Subhanahu wa ta'ala membangunkannya, kemudian dengan penuh keheranan. Doa ayat 10 dari Surah Al Kahfi tersebut dapat menjadi salah satu perisai dan juga untuk mengetuk rahmat Allah.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sementara Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhiid Bandung, KH Abdullah Gymnastiar atau akrab disapa Aa Gym, menuturkan doa Ashabul Kahfi sangat baik untuk diamalkan. Apalagi saat keadaan terdesak, maka jalan satu-satunya adalah bersandar dan memasrahkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

"Hanya Allah. Hanya Allah tempat bersandar kita untuk memohon petunjuk. (Doa ini) bagus untuk dipahami dan dihafalkan, minta dengan sungguh-sungguh. Insya Allah hati lebih lapang dan akan dipermudah segala urusan kita," kata Aa Gym dalam akun Instagram-nya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya