Humor Gus Dur: Ketika Lupa Tanggal Lahir

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 16 Juni 2020 18:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 16 614 2231143 humor-gus-dur-ketika-lupa-tanggal-lahir-GsTkw3hzS9.jpg KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur (Foto NU Online)

KH ABDURRAHMAN Wahid atau Gus Dur, dikenal sebagai kiai yang senang berguyon. Namun selayaknya manusia, ia juga terkadang lupa sesuatu. Misalnya saat Gus Dur lupa tanggal lahirnya.

Dikutip dari gusdur.net, saat ia masih kecil Gus Dur mendaftarkan dirinya sebagai siswa di salah satu Sekolah Dasar (SD) di Jakarta.

Baca juga: Tiga Rumah yang Tidak Akan Dimasuki Malaikat

Kemudian salah seorang guru pun bertanya kepadanya, "namamu siapa, nak?"

"Abdurrahman," jawab Gus Dur.

"Tempat dan tanggal lahir?" tanya guru lagi.

Baca juga: 

"Jombang...," setelah mengucapkan tempat lahirnya Gus Dur pun terdiam sejenak.

Ia berpikir, tanggal, bulan dan tahun berapa persisnya ia dilahirkan. Setelah ingat dengan lugas ia menjawab pertanyaan gurunya itu.

"Tanggal 4, bulan 8, tahun 1940," ujar Gus Dur kepada guru yang memberinya pertanyaan.

Di sisi lain Gus Dur sebenarnya ragu saat menjawab perhitungan bulan kelahirannya tadi. Rupanya, ayah dari Alissa Wahid ini hanya hafal bulan Komariyah saja, yaitu hitungan berdasarkan perputara bulan.

Sementara Gus Dur tidak terlalu mengingat bulan Syamsiah, atau hitungan berdasarkan perputaran matahari. Jadi yang disebutkan Gus Dur kepada gurunya itu adalah tanggal lahir di bulan Sya'ban, bulan ke-delapan dalam hitungan Komariyah.

Namun gurunya itu menganggap bahwa yang dikatakan calon muridnya itu adalah Agustus, yakni bulan ke depana dalam hitungan Syamsiah. Oleh karenanya, sejak kejadian itu Gus Dur dianggap lahir pada 4 Agustus 1940. Padahal yang dimaksud pada 4 Syakban 1359 Hijriyah atau 7 September 1940.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini