Humor Gus Dur: Tiga Jenis Orang NU

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 18 Juni 2020 16:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 18 614 2232301 humor-gus-dur-tiga-jenis-orang-nu-18a2Qn3bwc.jpg Gus Dur (Instagram @gus_dur_fans)

SOSOK KH. Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Gus Dur, merupakan ulama karismatik yang moderat dan humoris dengan guoyonannya yang menggelitik sekaligus mengkritik. Hal ini dikarenakan menurutnya, persoalan hidup tidak seharusnya dibawa sulit.

Seperti dikutip dari akun twitter @NUPedia, Gus Dur mengatakan, di pesantren humor itu jadi kegiatan sehari-hari, dengan lelucon kita bisa sejenak melupakan kesulitan hidup, dengan humor pikiran jadi sehat. Oleh karenanya guyonan Gus Dur dinilai sangat cerdas, hingga saat ini masih sering jadi bahan perbincangan oleh sebagian orang.

Salah satunya dikutip dari buku Tertawa Bersama Gus Presiden Dur, diceritakan tentang tiga jenis orang Nahdlatul Ulama (NU).

Baca juga: Humor Gus Dur: Kereta Api Lebih Cepat dari Pesawat

"Kalau mereka datang ke rumah saya dari jam 7 pagi hingga jam 9 malam untuk berdiskusi tentang NU, itu biasanya orang NU yang memang punya komitmen dan fanatik terhadap NU," kata Gus Dur.

 

Jenis kedua, mereka yang meski sudah larut malam sekira pukul 12 malam sampai pukul 1 dini hari, namun masih mengetuk pintu rumah Gus Dur untuk membicarakan NU, menurutnya, "Itu namamya orang gila NU.".

"Tapi kalau ada orang NU yang masih juga mengetuk pintu rumah saya, jam 2 dini hari hingga jam 6 pagi, itu namanya orang NU gila," ucap Gus Dur.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini