Hukum Merayakan Ulang Tahun Menurut Syariat Islam

Novie Fauziah, Jurnalis · Minggu 21 Juni 2020 13:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 21 614 2233789 hukum-merayakan-ulang-tahun-menurut-syariat-islam-JTLg0kQNH0.JPG ilustrasi (Foto: Rauters)

MEMPERINGATI hari ulang tahun merupakan hal yang lumrah saat ini. Biasanya sebagian orang merayakannya dengan berbagai cara, seperti menyajikan kue ritual meniup lilin, hingga berbagi kepada yang membutuhkan sebagai bentuk rasa syukur.

Lalu dalam Islam sendiri bagaimana hukum merayakan ulang tahun?

"Merayakan ulang tahun boleh-boleh saja, dengan catatan tidak melanggar hukum agama," kata Ketua Ketua Ikatan Sarjana Quran Hadist Indonesia Ustadz Fauzan Amin saat dihubungi Okezone.

Ustadz Fauzan mengatakan, bagi umat Islam yang memperingati dan merayakan ulang tahun sah-sah saja asalkan tidak keluar dari kaidah agama. Bisa juga mengikuti cara Nabi Muhammad SAW, yaitu dengan cara berpuasa.

Baca juga: Kebanyakan Siksa Kubur Disebabkan oleh Kencing

"Rasulullah memperingati ulang tahunnya dengan cara berpuasa sunah setiap hari Senin," ucapnya.

Adapun doa ketika merayakan ulang tahun, yaitu sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Artinya: "Ya Allah, panjangkan umur kami, sehatkan badan kami, terangi hati kami, tetapkan iman kami, baikkan amalan kami, luaskan rezeki kami, dekatkan kami pada kebaikan, dan jauhkan kami dari kejahatan, kabulkan segala kebutuhan kami, baik dalam agama, dunia, maupun akhirat. Sesungguhnya Kau adalah Zat Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu,"

Wallahu a'lam bish showab

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini