Ustadz Abdul Somad Ungkap 4 Cara Mendapat Ketenangan

Riyadi Akmal, Jurnalis · Minggu 28 Juni 2020 13:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 28 616 2237689 ustadz-abdul-somad-ungkap-4-cara-mendapat-ketenangan-Wn7by1nc56.jpeg Ustadz Abdul Somad. (Foto: Dede Kurniawan/Okezone)

MANUSIA dalam kehidupan sehari-hari tidak lepas dari adanya tekanan, gelisah, atau bahkan stres. Keadaan tersebut muncul karena adanya persoalan hidup atau lain sebagainya.

Sebagai manusia beriman, sebenarnya tidak ada hal yang harus ditakutkan, karena semua yang terjadi sudah kehendak Allah Subhanahu wa ta'ala.

Jika hati sering diiringi rasa takut, maka cobalah untuk selalu membaca kitab suci Alquran. Dengan tadarus Alquran, pikiran dan hati akan menjadi tenang.

Sebagaimana firman Allah Subhanahu wa ta'ala dalam Surah Ar'rad Ayat 28:

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

Artinya: "(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram."

Sementara Ustadz Abdul Somad dalam tausiahnya mengatakan terdapat empat cara mendapatkan ketenangan. Berikut ini pemaparannya, sebagaimana dikutip dari channel Youtube Taman Surga, Minggu (26/6/2020).

1. Wudu

Dengan berwudu, ketenangan akan didapatkan. Ketenangan itu berasal dari hati, Allah Subhanahu wa ta'ala memasukkan ketenangan pada diri Muslimin lewat berwudu.

2. Sholat

Jika pikiran dan hati sedang gelisah, maka laksanakanlah sholat. Dengan sholat, hati kita menjadi tenang.

Ilustrasi sholat. (Foto: Istimewa)

3. Zikir

Melalui berzikir, siapa pun akan diberi ketenangan dan kemudahan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala.

4. Tadarus Alquran

Cara keempat adalah membaca kitab suci Alquran dan memohon kepada Allah Subhanahu wa ta'ala untuk diberikan kemudahan dalam segala urusan hidup. Kemudian membaca Surah Al Kahfi di malam Jumat hingga keesokan harinya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini