6 Adab Minum Sesuai Sunah Nabi

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 03 Juli 2020 12:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 03 614 2240593 6-adab-minum-sesuai-sunah-nabi-e4zIVf58dK.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

ISLAM mengajarkan beberapa sunah, khususnya ketika akan minum air. Hal ini juga dijelaskan dalam beberapa riwayat hadist, dimana setipa muslim dapat mengikuti etika yang sudah diajarkan oleh agama.

Dikutip dari laman The Islamic Information, berikut ini adalah enam sunah Rasulullah atau etika sebelum meminum air:

1. Sebelum minum membaca Bismillah

Di dalam Islam diajarkan, ketika akan melakukan awalai dengan membaca bismillah. Termasuk sebelum kita minum air, harus mengawalinya dengan doa atau kalimat Allah. Seperti dalam hadits dijelaskan, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

"Ketika mulai minum pertama baca Bismillah," (HR. Tirmidzi).

2. Menggunakan tangan kanan

Dalam sebuah hadits Rasulullah bersabda:

إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَأْكُلْ بِيَمِينِهِ ، وَإِذَا شَرِبَ فَلْيَشْرَبْ بِيَمِينِهِ , فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَأْكُلُ بِشِمَالِهِ وَيَشْرَبُ بِشِمَالِهِ

Artinya: "Jika salah seorang dari kalian akan makan, hendaknya ia makan dengan tangan kanannya, dan jika akan minum hendaknya juga minum dengan tangan kanannya. Karena setan makan dan minum dengan tangan kirinya." (HR. Muslim).

Baca juga: Hukum Belajar Agama Secara Otodidak

Seperti dijelaskan dalam hadits tersebut, bahwa disunahkan makan dan minum menggunakan tangan kanan. Sebab jika menggunakan tangan kiri, maka sama saja mengikuti perbuatan setan.

Bahkan jika seseorang kidal atau selalu menggunakan tangan kirinya, maka tetap dianjurkan untuk menggunakan tangan kanannya.

3. Duduk saat minum atau makan

Sunah Rasulullah lainnya adalah selalu duduk ketika minum atau makan. Anjuran ini juga dijelaskan dalam hadits riwayat Muslim.

Rasulullah bersabda: "Duduk dan minumlah," (HR. Muslim).

4. Minum dengan tiga kali napas

Ketika minum dianjurkan untuk bernapas di luar gelas maksimal sebanyak tiga kali. Dalam Hadits riwayat Imam Bukhari dan Muslim dari Anas bin Malik, Nabi Muhammad bersabda:

كان رسولُ اللهِ صلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ يتنفَّسُ في الشرابِ ثلاثًا

"Rasulullah SAW bernapas tiga kali ketika sedang minum," (HR. Bukhari-Muslim).

5. Jangan meniup air yang akan diminum

Ketika sedang minum teh atau kopi panas, supaya tidak terlalu panas biasanya kita meniupnya. Ternyata Rasulullah malah menganjurkan tidak meniupnya, karena dikhawatirkan akan mengeluarkan penyakit melalui udara.

Rasulullah SAW bersabda:

"Jangan pernah meniupkan dari mulutmu ke dalam makanan dan minuman," (HR. Thabrani).

6. Ucapkan hamdalah

Jika saat meminum air mengawalinya dengan Bismillah, maka saat mengakhirinya ucapkanlah Alhamdulillah sebagai penutup dan sekaligus rasa syukur kepada Allah Ta'ala.

Kemudian agar lebih afdhal bisa membaca doa berikut ini:

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ جَعَلَهُ عَذْبًا فُرَاتًا بِرَحْمَتِهِ وَلَمْ يَجْعَلْهُ مِلْحًا اُجَاجًا بِذُنُوْبِنَا

(Alhamdu lillahil ladzi ja’alahu ‘adzban furotan birohmatihi wa lamyaj’alhu milhan ujajan bidzunubina).

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang dengan rahmatNya telah menjadikan air ini segar dan menyegarkan. Dan tidak menjadikan air ini asin dan pahit karena dosa-dosa-dosa kami,"

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini