Perlu Tahu, Ini 7 Perkara yang Wajib Dijauhi Seorang Muslim

Minggu 19 Juli 2020 06:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 19 614 2248631 wajib-tahu-ini-7-perkara-yang-wajib-dijauhi-seorang-muslim-Qcv2lGwhGS.JPG ilustrasi (Foto: Ist)

SEORANG muslim diwajibkan mengerjakan perintah Allah Subhanahu wa Ta'ala dan menjauhi segala larangannya. Tujuannya jelas, yakni agar mendapat keridhaan Allah sang maha pengadil di hari penghakiman.

Setiap hamba nantinya akan dimintai pertanggungjawaban atas segala perbuatan yang telah ia perbuat selama hidup di dunia.

Sejak 14 abad silam, baginda Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam telah memgajari kita bagaimana agar memperoleh kebahagiaan hidup, baik di dunia maupun akhirat. Caranya berpegang teguh kepada Alquran dan Sunahnya.

Dari sekian banyak uraian Nabi dalam haditsnya, ada sebuah hadits Rasulullah yang menyeru kepada umatnya untuk menjauhi tujuh perkara dosa besar yang bisa membawa manusia ke lembah kebinasaan.

Dalam sebuah haditsnya Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

Baca juga: Baca Sholawat Ini Sekali Seumur Hidup, Dijamin Dapat Syafaat Rasulullah

اجْتَنِبُوا السَّبْعَ الْمُوبِقَاتِ

يَا رَسُولَ اللَّهِ ، وَمَا هُنَّ ؟

لشِّرْكُ بِاللَّهِ ، وَالسِّحْرُ ، وَقَتْلُ النَّفْسِ الَّتِي حَرَّمَ اللَّهُ إِلَّا بِالْحَقِّ ، وَأَكْلُ مَالِ الْيَتِيمِ وَأَكْلُ الرِّبَا ، وَالتَّوَلِّي يَوْمَ الزَّحْفِ ، وَقَذْفُ الْمُحْصِنَاتِ الْغَافِلَاتِ الْمُؤْمِنَاتِ

Artinya: "Jauhilah oleh kalian 7 hal yang membinasakan." Maka para sahabat bertanya: "Ya Rasulullah, apa 7 hal tersebut?" Maka Nabi yang mulia mengatakan:(1) Dosa kesyirikan kepada Allah, (2) Dosa sihir, (3) Dosa membunuh seorang jiwa yang diharamkan oleh Allah Ta'ala melainkan dengan alasan yang hak, (4) Dosa memakan harta riba, (5) Dosa memakan harta anak yatim, (6) Dosa berpaling dari medan perang dan (7) Dosa menuduh seorang wanita muslimah yang terhormat dengan tujuan yang keji (zina)," (HR Al-Bukhari dan Muslim).

Dikutip dari laman Kalam Sindonews, Direktur Institut for Islamic Studies dan Development Jakarta, Ustadz Rikza Maulana mengatakan, ketujuh perkara yang membinasakan ini wajib dijauhi agar tidak terjerumus ke dalam siksa api neraka. Berikut ulasannya:

1. Syirik

Perbuatan menyekutukan Allah Ta'ala dengan menyembah sesuatu selain-Nya atau menganggap ada sesuatu yang dapat memberi keselamatan atau kebaikan selain Allah Ta'ala. Perilaku tersebut seperti meyakini benda-benda yang dianggap keramat, meyakini hari, tanggal, nomor atau tempat-tempat tertentu yang dianggap membawa sial, dan lainnya.

2. Sihir

Sihir sering diidentikkan dengan santet, guna-guna, tenung dan sejenisnya. Perbuatan ini termasuk dalam kategori syirik kepada Allah. Sebab, perbuatan durjana semacam itu kerap dilakukan dengan menggunakan jasa seorang dukun. Jangankan memakai jasanya, mendatanginya saja untuk sekadar berkonsultasi bisa menyebabkan tidak diterimanya sholat seseorang selama 40 hari.

3. Menghilangkan nyawa orang

Membunuh apapun alasannya sangat dilarang oleh Allah. Apakah itu dilatari oleh dendam, merampas harta, solidaritas pertemanan, dan sebagianya tetap saja yang namanya membunuh termasuk dosa besar. Adapun hukuman bagi seorang pembunuh ialah qishas, yaitu dihukum mati.

4. Mengambil harta anak yatim

Apakah itu harta anak yatim peninggalan orangtua, maupun hasil pemberian orang lain jelas dilarang untuk dirampas. Termasuk perbuatan "menjual" nama anak yatim untuk memperoleh keuntungan pribadi.

5. Memakan riba

Seperti mengambil bunga dari penyimpanan uang atau tabungan, deposito di bank konvensional, hasil klaim dari asuransi konvensional, hasil investasi dari saham, reksadana yang non syariah, dan sebagainya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

6. Lari medan pertempuran tanpa alasan syar'i

Berpaling dari medan pertempuran, baik pertempuran dalam makna peperangan fisik, maupun dalam makna lainnya, seperti meninggalkan medan dakwah, atau meninggalkan perjuangan Islam lainnya ini sangat dilarang oleh Allah dan Rasulnya.

7. Menuduh wanita muslimah salehah berbuat zina

Menuduh seorang wanita muslimah telah mencederai kehormatannya dan menfitnahnya secara keji merupakan perbuatan yang dimurkai Allah.

Dalam Islam, menuduh zina harus disertai dengan empat saksi yang benar-benar melihat langsung perbuatan zina tersebut. Jika tidak mampu mendatangkan saksi, maka si penuduh takkan pernah diterima persaksiannya, sekuat apapun argumentasi yang ia sampaikan.

Semoga Allah Subhanahu wa Ta'ala menjauhkan kita dari tujuh perkara yang membinasakan tersebut. Aamiin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya