Yuk Terapkan 2 Langkah Ini agar Terhindar dari Maksiat

Alya Amellia Amini, Jurnalis · Kamis 23 Juli 2020 09:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 23 616 2250747 yuk-terapkan-2-langkah-ini-agar-terhindar-dari-maksiat-BJdEP9L5o2.jpg Ilustrasi Muslimin. (Foto: Freepik)

KEMAKSIATAN yang dilakukan oleh seseorang tidak hanya memberikan dampak negatif dalam kehidupan dunianya, tapi juga menimbulkan balasan di hari kemudian yang lebih mencekam.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

وَمَنْ يَعْصِ اللهَ وَرَسُولَهُ وَيَتَعَدَّ حُدُودَهُ يُدْخِلْهُ نَارًا خَالِدًا فِيهَا وَلَهُ عَذَابٌ مُهِينٌ

Artinya: "Dan barangsiapa yang mendurhakai Allah dan Rasul-Nya dan melanggar ketentuan-ketentuan-Nya, niscaya Allah memasukkannya ke dalam api neraka sedang ia kekal di dalamnya; dan baginya siksa yang menghinakan." (QS An-Nisa: 14)

Baca juga: Yuk Tunaikan Sholat Fajar, 4 Keutamaan Besar Menanti 

Dalam ceramahnya, Habib Ahmad bin Hasan Alaydrus mengatakan di antara cara menghindari maksiat, baik yang besar maupun kecil, adalah menjaga mata dan telinga.

"Karena itu adalah jendela hati yang selalu terbuka 24 jam. Iman itu naik-turun, jadi dipastikan jika seseorang berbuat maksiat maka imannya sedang turun," jelas Habib Ahmad, dikutip dari akun Youtube-nya, Kamis (23/7/2020).

Jika merasa iman sedang turun maka cepat-cepatlah beristighfar dan bersalawat. Ini untuk menjaga iman agar tetap stabil.

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

"Barang siapa memperbanyak istighfar, niscaya Allah mengubah setiap kesedihannya menjadi kegembiraan; Allah Azza wa Jalla memberikan solusi dari setiap kesempitannya (kesulitannya), dan Allah anugerahkan rezeki dari jalur yang tiada disangka-sangka." (HR Ahmad)

Habib Ahmad mengungkapkan, cara menjaga supaya iman tidak turun yaitu dengan menjaga pandangan dan pendengaran. Sesungguhnya hati itu memiliki jendela yaitu melalui mata dan telinga. Apa yang dilihat dan didengar akan masuk ke hati kemudian membekas dan akan mengubah iman manusia.

Baca juga: Umar bin Khattab, Pemimpin Adil Penakluk Romawi dan Persia 

1. Jaga pandangan

Cara pertama untuk menghindari kemaksiatan yaitu menjaga mata. Sebab, mata bisa menjadi sumber kemaksiatan. Kebanyakan orang yang berbuat maksiat karena apa yang dia lihat.

Allah Subhanahu wa ta'ala memerintahkan hamba-Nya untuk senantiasa menjaga mata dari segala hal yang diharamkan.

قُلْ لِلْمُؤْمِنِينَ يَغُضُّوا مِنْ أَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوا فُرُوجَهُمْ ۚ ذَٰلِكَ أَزْكَىٰ لَهُمْ ۗ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا يَصْنَعُونَ

Artinya: "Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: 'Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat'." (QS An-Nur: 30)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

2. Jaga pendengaran

Cara kedua untuk menghindari kemaksiatan yaitu dengan menjaga telinga. Seperti diketahui bahwa telinga berfungsi untuk mendengar. Namun ternyata bagian tubuh yang satu ini dapat membawa manusia ke jurang kemaksiatan apabila tidak digunakan sesuai syariat Islam.

Baca juga: Nabi Idris, Orang Pertama Bisa Baca-Tulis juga Kuasai Ilmu Perbintangan 

Ilustrasi Muslimin. (Foto: Unsplash)

Salah satu kemaksiatan yang disebabkan oleh telinga yaitu ketika mendengar ucapan yang tidak pantas. Mendengar gosip juga dapat membuat manusia terjerumus ke dalam kemaksiatan.

"Jika kita sudah menjaga penglihatan dan pendengaran insya Allah kualitas iman kita tetap menjadi iman yang baik," kata Habib Ahmad.

Wallahu a'lam.

Baca juga: 3 Tempat yang Membuat Doa Mustahil Menjadi Terkabul 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya