Ini 3 Cara Mudah Menguji Seseorang Baik atau Tidak

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 27 Juli 2020 11:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 27 330 2252605 ini-3-cara-mudah-menguji-seseorang-baik-atau-tidak-aX1pbBJMBB.jpg KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym (Istimewa)

PENDIRI Pondok Pesantren Daarut Tauhiid KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym mengingatkan, jangan terlalu cepat menilai baik buruknya seseorang. Bisa saja orang yang dianggap buruk ternyata memiliki sifat kebaikan atau sebaliknya.

Ada beberapa cara untuk menilai seseorang sesuai ajaran islam. "Kalau merekomendasikan seseorang tidak boleh gampang. Orangnya baik. Pertanyaannya ada tiga, kata Umar bin khattab," ujarnya seperti dikutip dari channel YouTube Aagym Official, Senin (27/7/2020).

Pertama adalah melakukan safar, atau perjalanan jauh. Umar bin Khattab berkata; "’Silakan engkau melakukan safar dengannya’. Karena kalau baru bertemu, atau hanya lihat di televisi atau mendengar di radio, di medsos atau dalam sekejap sebenarnya kita belum tahu orang tersebut," katanya.

Baca juga: Dear Bunda, Ini 4 Cara Mendidik Anak Diajarkan Rasulullah

Aa Gym bilang, dengan melakukan perjalanan jauh atau dalam waktu yang lama, maka kita akan mengetahui karakteristik orang tersebut. Namun jika baru bertemu maka tidak bisa menilainya.

"Kenapa dalam safar? karena dalam perjalanan panjang dan letih, itu akan tampak kebiasaan seseorang dalam senang, dalam susah seperti haji akan nampak. Waktu pertama kali daftar itu belum tampak bagaimana akhlaknya, tapi dengan seruangan lama, sekamar lama, itu akan ketahuan karakternya," tuturnya.

Kedua yaitu muamalah, atau sesuatu yang berkaitan dengan uang. Misalnya menjalin bisnis dengan seseorang, maka dari situlah akan terlihat, mulai dari keserakahannya, perhitungan, hingga perbuatan curang. "Kalau belum ngomong uang mungkin masih baik-baik saja," terangnya.

Ketiga adalah amanah. Apabila sudah berurusan dengan amana bersama seseorang, maka akan terlihat karakter atau akhlaknya. "Pernahkah kita memberi amanah kepadanya. Kalau orang akhlaknya baik dengan amanah itu hati-hati sekali," pungkasnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini