Istiqamah Berkesinambungan Bukti Hidayah dari Allah Ta'ala

Muhammad Hafizh Arya Pradana, Jurnalis · Selasa 04 Agustus 2020 17:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 04 330 2256886 istiqamah-berkesinambungan-bukti-hidayah-dari-allah-ta-ala-ELHk5ihQx0.jpg Ilustrasi Muslim istiqamah beribadah. (Foto: Freepik)

ISTIQAMAH berasal dari kata qomah yang artinya adalah 'berdiri tega lurus' yang disisipkan tiga huruf yakni hamzah, syin, dan tsa menjadi kata istiqamah. Istiqamah juga memiliki definisi sebagai suatu pekerjaan yang dilakukan secara terus-menerus atau konsisten.

Dalam ajaran Islam, apa yang diperintahkan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala haruslah dikerjakan secara istiqamah. Artinya dalam beribadah setiap Muslim wajib bersungguh-sungguh supaya diberikannya hidayah dan karunia dari Allah Ta'ala.

Baca juga: Astaghfirullah, Masjid Bersejarah Ini Diubah Jadi Kandang Hewan Ternak 

Lalu berapa lama kaum Muslimin dapat melakukan istiqamah?

Dijelaskan bahwasanya istiqamah dilakukan sekali, dua kali, tiga kali tidaklah penting. Sebab yang paling utama bagaimana berproses dan berkelanjutan dari satu pekerjaan ke pekerjaan selanjutnya.

Apabila melakukan sesuatu dengan istiqamah, bukan tidak mungkin tujuan seorang Muslim lebih mudah dicapai.

"Seseorang yang bisa mempertahankan istiqamah itu godaannya besar. Ada yang menghasut untuk melakukan hal yang menyimpang dari tujuannya. Contohnya seperti aspek dalam pekerjaan. Apabila kita sedang mengejar sesuatu kemudian seseorang menawarkan sebuah bisnis dan kita tertarik untuk bergabung maka kesuksesan yang awalnya ingin diraih pun semakin sulit dicapai," terang KH Dr Samsul Maarif, dikutip dari akun Youtube Official iNews, Selasa (4/8/2020).

Ia menjelaskan, dalam beristiqamah pasti menjumpai sejumlah halangan atau cobaan. Sebut saja rasa malas, bosan, bahkan bisa saja dalam melakukan pekerjaan tidak dapat dilakukan selalu stabil.

Baca juga: Melihat Perbedaan Idul Adha di India, Hewan Kurban Lebih Banyak Kambing 

Sementara KH Misbahul Munir, pengasuh Pondok Pesantren Ilmu Quran Al Misbah Jakarta, mengatakan mengapa dalam sholat mengucapkan "ihdinash shiraathaal mustaqiim" yang artinya "Ya Allah tunjukanlah kepada kami jalan yang lurus"?

Baca juga: Tidur Siang Dianjurkan Rasulullah, Banyak Keutamaan di Baliknya 

Maksudnya adalah setiap Muslim memohon kepada Allah Subhanahu wa ta'ala untuk dilindungi dalam istiqamah beribadah yang godaannya banyak.

"Orang yang istiqamah, walau sekecil apa pun itu, Allah Subhanahu wa ta'ala senantiasa melindungi hamba-Nya dalam beribadah dan akan mendapat ganjaran berupa kemuliaan dunia-akhirat. Masyaallah," pungkasnya.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Nasihat Nabi untuk Suami-Istri 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini