Manfaat Istighfar Tak Terduga, Mendatangkan Nikmat yang Hilang

Alya Amellia Amini, Jurnalis · Selasa 04 Agustus 2020 20:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 04 330 2256896 manfaat-istighfar-tak-terduga-mendatangkan-nikmat-yang-hilang-3LlVxtBlxn.JPG Tulisan kaligrafi kalimat istighfar (Foto: Teahub)

TAK ada manusia di muka bumi ini yang luput dari dosa dan kesalahan. Sebagai hamba Allah Subhanahu wa Ta'ala yang baik, sepatutnya kita memperbanyak mengucap istighfar atau kalimat permohonan ampun kepada Allah Ta'ala.

Banyak orang tidak mengetahui bahwasanya istighfar tidak hanya mengundang ampunan dan rahmat Allah namun juga menjadi penyebab datangnya rezeki serta terhindar dari segala macam musibah dan bala bencana dalam kehidupan.

Dai kondang Ustadz Khalid Basalamah mengatakan, hakikat yang terkandung dalam kalimat istighfar ialah permohonan kepada Allah agar kita terlindung dari kejahatan akibat dosa-dosa yang kita perbuat.

"Sedangkan tobat berarti kembali kepada Allah dan agar dilindungi dari kejahatan yang akan datang akibat dosa-dosanya. Bahkan dalam suatu hadits disebutkan, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam meminta ampun kepada Allah seratus kali dalam satu majelisnya," ucap Ustadz Khalid dinukil dari channel YouTubenya, Khalid Basalamah Official, Selasa (4/8/2020).

Baca juga: Astaghfirullah, Masjid Bersejarah Ini Diubah Jadi Kandang Hewan Ternak

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

مَا أَصْبَحْتُ غَدَاةً قَطٌّ إِلاَّ اِسْتَغْفَرْتُ اللهَ مِائَةَ مَرَّةٍ

Artinya: “Tidaklah aku berada di pagi hari (antara terbit fajar hingga terbit matahari) kecuali aku beristigfar pada Allah sebanyak 100 kali,” (HR. An-Nasa’i. Dishahihkan oleh Syaikh Al Albani di Silsilah Ash Shahihah no. 1600).


Dalam hadits lainnya Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ إِنْ كُنَّا لَنَعُدُّ لِرَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الْمَجْلِسِ الْوَاحِدِ مِائَةَ مَرَّةٍ، رَبِّ اغْفِرْلِي وَتُبْ عَلَيَّ إِنَّكَ أَنْتَ تَوَّابُ الرَّحِيْمُ.

Artinya: “Dari Ibnu 'Umar, ia berkata: ”Kami pernah menghitung di satu majelis Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa seratus kali beliau mengucapkan, ‘Ya Rabb-ku, ampunilah aku dan aku bertobat kepadaMu, sesungguhnya Engkau Maha menerima tobat lagi Maha Penyayang’,” (Sunan An-Nasa'i).

Dengan memperbanyak istighfar dan bertobat kepada Allah, maka seseorang akan aman dan Allah akan memudahkan segala urusannya, menjaganya, melapangkan rezekinya, dan menambah kekuatan fisiknya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

"Istighfar adalah salah satu amalan paling mulia. Istighfar memiliki kedudukan yang agung dan posisi yang utama dalam agama Allah. Ia adalah fondasi untuk memperoleh kebaikan dan keberkahan, mendapatkan kenikmatan, dan menghilangkan hukuman," tutur pendakwah kelahiran Makassar ini.

Apapun yang kita dihadapi, kalimat pertama yang sejatinya terucap oleh lisan kita ialah 'Astaghfirullahal'azhiim wa atuubu Ilaih' dan diucapkan secara tulus dari hati. "Jangan pernah berhenti, terus ucapkan kalimat itu, sampai mendapatkan solusi dari masalah yang tengah kita hadapi," sambung Ustadz Khalid.

Baca juga: Dear Bunda, Nih 10 Inspirasi Nama Bayi Perempuan Islami Bermakna Terbaik

“Istighfar penyebab datangnya nikmat itu, bahkan nikmat yang sudah hilang pun akan kembali," tuturnya.

Dengan mengetahui keutamaan istighfar, seyogyanya kita tidak pernah lalai dalam mengucap kalimat agung ini. Setidaknya minimal 100 kali dalam sehari. Baik sedang di perjalanan, tempat bekerja, terutama di waktu-waktu mustajab terkabulnya doa, seperti di sepertiga malam terakhir maupun di antara adzan dan iqamat.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya