Tips Bersabar Hadapi Pandemi Covid-19 yang Belum Kunjung Berakhir

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 04 Agustus 2020 20:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 04 616 2256992 tips-bersabar-hadapi-pandemi-covid-19-yang-belum-kunjung-berakhir-b63bcYlrep.JPG Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

SEJAK penghujung Desember 2019 lalu hingga saat ini wabah virus corona (Covid-19) masih menjangkit di sejumlah negara. Tak tanggung-tanggung, korban meninggal pun tidak sedikit. Bukan hanya yang terjangkit saja merasa rugi, tapi masyarakat lainnya yang masih sehat harus senantiasa bersabar menghadapi wabah ini.

Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani), Ustadz Ainul Yaqin mengatakan, umat Islam harus tetap sabar ketika menghadapi wabah penyakit, seperti halnya virus corona tersebut.

"Cara agar sabar menghadapi pandemi corona, yakni mengembalikan semua kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala,” ujarnya saat dihubungi Okezone beberapa waktu lalu.

Baca juga: Alquran Ungkap Fakta Mengagumkan Dialami Otak Manusia pada Usia 40 Tahun

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

مَا أَصَابَ مِنْ مُصِيبَةٍ إِلَّا بِإِذْنِ اللَّهِ ۗ وَمَنْ يُؤْمِنْ بِاللَّهِ يَهْدِ قَلْبَهُ ۚ وَاللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ

Artinya: "Tidak ada suatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan izin Allah; dan barangsiapa yang beriman kepada Allah niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu," (QS. At-Taghabun: 11).

Ia melanjutkan, setiap musibah yang datang seperti datangnya penyakit pada hakikatnya sudah ditadirkan oleh Allah. Tinggal bagaimana manusia menyikapinya, apakah mereka akan semakin bertakwa atau malah sebaliknya.

Allah Subhanahu wa Ta’ala pun meminta kepada setiap manusia untuk tetap bersabar, dan menjalani takdir yang sudah digariskanNya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Allah Ta'ala berfirman:

"إِذْ يَقُولُ لِصَاحِبِهِ لا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَا } [التوبة٤٠).

Artinya: "Ketika itu dia berkata kepada sahabatnya, ‘Jangan engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita," (QS. At-Taubah: 40).

"Setiap musibah adalah garis takdir dan desain Allah menata keimanan, merekonstruksi ketakwaan setiap manusia bahwa ada kekuasaan mutlak di atas dunia ini," tutup Ustadz Ainul.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya