Kejarlah Akhirat, Kau Akan Dapatkan Kenikmatan Dunia

Alya Amellia Amini, Jurnalis · Kamis 06 Agustus 2020 12:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 06 330 2257854 kejarlah-akhirat-kau-akan-dapatkan-kenikmatan-dunia-7X1HcuiKtf.jpg Ilustrasi (Pond5)

MENGUCAPKAN Alhamdulillah merupakan bagian ungkapan rasa syukur terhadap segala nikmat, rezeki serta berbagai anugerah yang telah kita dapatkan dari Allah SWT. Bersyukur saat mendapatkan nikmat akan membuat Allah melipatgandakan nikmatNya lagi kepada kita.

Barang siapa yang memuji Allah dengan menghadirkan makna Alhamdulillah di dalam hatinya, maka timbangan amalnya akan penuh dengan kebaikan.

Mempertimbangkan akhirat artinya kita mempertimbangkan firman-firman Allah dalam melakukan kegiatan apapun. Sebab segala ajaran yang datang dari firman Allah dan hadis Nabi pasti mendatangkan manfaat dan keuntungan kita di dunia, terlebih lagi di akhirat.

Baca juga:ย Waspadai Bisikan Setan: Usik Waktu Sholat, Mudahkan Nongkrong

Hadits yang diriwayatkan Imam Ahmad, At-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Al-Hakim dari Abu Hurairah Radhiyallahu โ€˜anhu, dari Nabi Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam beliau bersabda.

ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ ูŠูŽู‚ููˆู’ู„ู : ูŠูŽุง ุงุจู’ู†ูŽ ุขุฏูŽู…ูŽ! ุชูŽููŽุฑู‘ูŽุบู’ ู„ูุนูุจูŽุงุฏูŽุชููŠู’ุŒ ุฃูŽู…ู’ู„ุฃู’ ุตูŽุฏู’ ุฑูŽูƒูŽ ุบูู†ู‹ู‰ุŒ ูˆูŽุฃูŽุณูุฏู‘ูŽ ููŽู‚ู’ุฑูŽูƒูŽุŒ ูˆูŽุฅูู†ู’ ู„ุงูŽ ุชูŽูู’ุนูŽู„ู’ ู…ูŽู„ุฃู’ุชู ูŠูŽุฏูŽูƒูŽ ุดูุบู’ู„ุงู‹ุŒ ูˆูŽู„ูŽู…ู’ ุฃูŽุณูุฏู‘ูŽ ููŽู‚ู’ุฑูŽูƒู’

โ€œSesungguhnya Allah Taโ€™ala berfirman, โ€˜Wahai anak Adam, beribadahlah sepenuhnya kepadaku, niscaya aku penuhi (hatimu yang ada) di dalam dada dengan kekayaan dan aku penuhi kebutuhanmu. Jika tidak kalian lakukan niscaya aku penuhi tanganmu dengan kesibukan dan tidak aku penuhi kebutuhanmu (kepada manusia).โ€

Pendakwah Ustadz Khalid Basalamah mengatakan, jika kalian menjadikan dunia sebagai sebuah target, maka akan sulit bersyukur dan mengucapkan Alhamdulillah dengan tulis. Kemudian akan selalu merasa kurang, maka tidak ada kenikmatan dari Allah SWT yang ia rasakan.

โ€œSiapa yang mengejar dunia, akhiratnya akan luput. Siapa yang mengejar akhirat, dunianya akan ikut,โ€ kata Ustadz Khalid Basalamah dalam channel Youtube officialnya.

Dari Zaid bin Tsabit Radhiyallahu anhu, ia mendengar Rasulullah Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda :

โ€œBarangsiapa tujuan hidupnya adalah dunia, maka Allah akan mencerai-beraikan urusannya, menjadikan kefakiran di kedua pelupuk matanya, dan ia tidak mendapatkan dunia kecuali menurut ketentuan yang telah ditetapkan baginya. Barangsiapa yang niat (tujuan) hidupnya adalah negeri akhirat, Allah akan mengumpulkan urusannya, menjadikan kekayaan di hatinya, dan dunia akan mendatanginya dalam keadaan hina.โ€

Maka utamakanlah hidup untuk akhirat daripada hanya untuk dunia semata. Insyaallah, jika kita niatkan hidup di dunia ini hanya untuk mencari ridho dari Allah, guna kebahagiaan di akhirat kelak, maka senantiasa Allah dengan janjinya akan menurunkan keberkahan dan kenikmatan kita di dunia.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya