Kapan Sih Waktu Terbaik Membaca Surah Al Kahfi?

Ade Naura, Jurnalis · Jum'at 07 Agustus 2020 12:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 07 330 2258397 kapan-sih-waktu-terbaik-membaca-surah-al-kahfi-4JbriTLyVn.jpg ilustrasi (stutterstock)

MEMBACA Alquran sangat banyak keutamaan dan pahalanya diberikan Allah berlimpah bagi siapa yang melakukannya. Tiap satu huruf yang dibaca akan diganjar satu kebaikan, kemudian terus dilipatgandakan kebaikan itu tergantung seberapa banyak huruf-huruf Alquran dibaca seorang muslim.

Terlebih lagi pada hari Jumat, sangat disunahkan baca Alquran terutama Surah Al Kahfi. Membaca surah yang berada di tengah Alquran ini juga syafaatnya luar biasa.

Baca juga:  Api Muncul di Dasar Lautan, Fenomena Tertulis dalam Alquran dan Terbukti Adanya

Pendakwah kondang Ustadz Khalid Basalamah dalam ceramahnya mengatakan ada dua hadist yang menjelaskan keutamaan membaca Surah Al Kahfi.

“Siapa yang membaca Al Kahfi pada malam Jumat, maka akan diterangkan cahaya antara dia dengan Baitul Atiq,” demikian hadist pertama dibacakan Khalid Basalamah dalam video ceramahnya disiarkan channel Youtube Khalid Basalamah Official.

Menurut ulama, hadist ini maksudnya Allah akan memudahkan seseorang untuk sering mendatangi Kabah seperti umrah atau haji.

Hadist kedua “ Siapa yang membaca surah Al Kahfi pada hari Jumat, ia akan selamat dari fitnah dajjal.”

Menurut Khalid kedua hadist di atas shahih. “Jika saya ditanya, saya menganjurkan diri saya dan teman-teman untuk membaca di dua waktu. Malam jumat dan di hari Jumatnya,” ungkap Ustdaz Khalid.

 

Dai sejuta viewers Ustadz Abdul Somad dalam sebuah video ceramahnya juga menjelaskan keutamaan membaca Surah Al Kahfi hari Jumat.

“Kalau ingin dapat cahaya sampai Jumat depan, bacalah Surah Al Kahfi. Maka malam Jumat, pagi Jumat, siang Jumat, petang Jumat, dan sebelum salam baca Surah Al Kahfi,” ujar Ustadz Abdul Somad.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini