Keutamaan Surah Al Kahfi: Disinari Cahaya Kebaikan hingga Terhindar Fitnah Dajjal

Alya Amellia Amini, Jurnalis · Jum'at 07 Agustus 2020 16:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 07 330 2258597 keutamaan-surah-al-kahfi-disinari-cahaya-kebaikan-hingga-terhindar-fitnah-dajjal-qhHQAJopso.jpg Ilustrasi baca Surah Al Kahfi. (Foto: Okezone)

MEMBACA Surah Al Kahfi merupakan amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam, khususnya di malam Jumat atau hari Jumat. Bagi Muslimin yang membaca surah ke-18 ini akan mendapat ganjaran pahala besar.

Al Kahfi merupakan salah satu surah dalam kitab suci Alquran yang memiliki banyak manfaat dan keutamaan jika dibaca, diamalkan, atau bahkan dihafalkan. Berikut ini adalah 4 keutamaan dalam membaca Surah Al Kahfi, seperti dikutip dari Sindonews, Jumat (7/8/2020).

Baca juga: Hidup Jangan Terlalu Santai jika Ingin Sukses 

1. Disinari cahaya kebaikan

Dalam kehidupan yang membuat hidup penuh dengan keberkahan dan ketenteraman adalah ketika Allah Subhanahu wa ta'ala telah meridhoi terhadap apa yang Muslimin perbuat di muka bumi. Dengan mendapat ridho dari Allah Ta'ala, maka hati kita akan merasa damai dan tenteram dalam menjalani hidup ini.

Umat Islam yang membaca Surah Al Kahfi di hari Jumat atau Kamis malam akan diberikan pahala dan disinari cahaya kebaikan serta diberkahi dengan syafaat di hari pembalasan.

Allah Subhanahu wa ta'ala selalu melindungi hidup setiap Muslim dengan cahaya keberkahan dan petunjuk dalam kehidupan ini. Sehingga walaupun ujian dan cobaan datang, tetap sabar dan kuat menghadapinya.

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

"Barang siapa membaca Surah Al Kahfi pada hari Jumat, maka Allah memberinya sinar cahaya di antara dua Jumat." (HR An Nasai dan Al Hakim)

Sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Sa'id al Khudri Juga menyebutkan bahwa dari Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

"Barangsiapa membaca Surah Al Kahfi pada malam Jumat maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul ‘atiq." (Sunan Ad-Darimi nomor 3273. Juga diriwayatkan An Nasai dan Al Hakim serta disahihkan oleh Al Albani dalam Shahih al Targhib wa al Tarhib nomor 736)

Baca juga: Gempa, Teguran Sekaligus Bukti Kasih Sayang Allah Ta'ala 

2. Mendapat ampunan dari Allah Subhanahu wa ta'ala

Setiap manusia pasti memiliki dosa dan khilaf, baik yang disadari maupun tidak disadari. Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang mau bertobat dan salah satunya adalah dengan membaca Surah Al Kahfi.

Diriwayatkan dalam sebuah hadis bahwa Rasullulah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

"Siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada hari Jumat, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jumat." (HR Abu Bakr bin Mardawaih)

3. Terhindar dari fitnah Dajjal

Fitnah Dajjal sangat kejam dan dapat membawa pada kesesatan serta siksa neraka Jahanam. Surah Al Kahfi juga menjadi sebab selamat dari fitnah yang terbesar yaitu fitnah Dajjal.

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

"Tidak ada satu pun makhluk sejak Adam diciptakan hingga terjadinya kiamat yang fitnahnya (cobaannya) lebih besar dari Dajjal." (HR Muslim)

Imam An-Nawawi Radhiyallahu anhu menjelaskan yang dimaksud di sini adalah tidak ada fitnah dan masalah yang lebih besar daripada fitnah Dajjal.

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

"Barang siapa di antara kalian yang mendapatinya (Dajjal), hendaklah dia membacakan ayat-ayat pembuka Surah Al Kahfi kepadanya, karena bacaan itu melindungi kalian dari fitnahnya (Dajjal)." (HR Abu Daud)

Baca juga: 4 Peristiwa Besar Terjadi di Hari Jumat, Nomor Terakhir Paling Mengerikan 

4. Terhindar dari gangguan setan

Setan dan segala keburukan yang dibawa olehnya merupakan sebuah ancaman hidup yang harus diwaspadai. Setan adalah musuh terbesar manusia dalam beramal salih dan berbuat kebaikan. Setan juga akan berusaha mengajak manusia berbuat mungkar dan membisikkan hal-hal yang dapat menghapus amal ibadah. Manusia yang jatuh dalam godaan setan akan terjerumus ke lubang kenistaan dan masuk ke keburukan.

Mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dan memohon perlindungan-Nya agar terhindar dari setan dengan membaca dan mengamalkan Alquran serta membaca Surah Al Kahfi termasuk di dalamnya.

Dengan membaca Surah Al Kahfi, setan akan menghindar dari rumah, karena tidak suka dengan rumah yang terlindung dengan ayat-ayat suci Alquran.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Burung Jadi Inspirasi bagi Manusia, Tercatat dalam Alquran dan Diakui Sains 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini