Dear Orangtua, Begini Cara Tanamkan Tauhid kepada Anak

Saskia Rahma Nindita Putri, Jurnalis · Minggu 16 Agustus 2020 07:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 16 330 2262937 dear-orangtua-begini-cara-tanamkan-tauhid-kepada-anak-ylQgNcW1os.jpg KH Abdullah Gymnastiar alias Aa Gym (Foto: Okezone.com)

MENJADI orangtua, berarti siap memberikan ilmu dan pemahaman yang mantap kepada anak sejak kecil. Selain memperkenalkan anak tentang kehidupan sekitarnya dan pelajaran di sekolah, sudah sepatutnya para orangtua turut mengajarkan tauhid kepada anak sejak dini.

Hal ini tentunya ditujukan agar tercipta anak sholeh dan sholehah yang senantiasa bergantung dan taat kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala

Peribahasa ‘tak kenal maka tak sayang’ menjadi konsep dasar dari memperkenalkan anak tentang siapa yang menciptakannya. Untuk dapat mencintai Allah Ta'ala, maka anak harus mengenal dan mengetahui Allah terlebih dahulu, dengan cara-cara mudah yang sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam menyampaikannya, dapat memakai bahasa yang ringan dan mudah dipahami.

“Disesuaikan dengan usia anak-anaknya. Semisal, kalau kita memberi rezeki berupa bekal ke anak-anak, sampaikan bahwa bekal itu rezeki dari Allah SWT dan kita sebagai orang tua hanya jadi jalan saja, tetapi Allah yang memberi rezeki,” ucap Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhid, KH Abdullah Gymnastiar dikutip dari channel YouTubenya, Aagym Official, Minggu (16/8/2020).

Baca juga: Sains dan Alquran Buktikan, Delima Buah Kaya Manfaat

Tak hanya itu, Aa Gym memberi pesan untuk mengajarkan tauhid ke anak-anak dengan selalu mengaitkan segala kegiatan dengan Allah. Segala keinginan yang diharapkan oleh anak dapat dijadikan celah untuk mengajari mereka untuk taat kepadaNya. Misalnya, ketika anak kesulitan belajar, seraya mengajari mereka belajar, sebagai orangtua dapat sekaligus memberikan pemahaman bahwa segala hal dapat dijadikan mudah oleh Allah kepada hambaNya yang senantiasa memohon pertolongan.

“Jadi ibadah, seperti sholat, itu harus dilatih bahwa kalau perlu apa-apa ya sholat. Sholat itu gerbangnya. Jadi kalau anak-anak minta apa suruh mintanya ke Allah. Walaupun nanti diwujudkannya lewat kita, jelaskan, bahwa ini itu Allah yang menggerakkan hati ibu bapak sehingga bisa seperti ini,” pesan Aa Gym.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

“Apapun kegiatannya, secara nyaman dan alamiah, kaitkan dengan Allah," imbuh pendakwah asal Bandung ini.

Yang tak kalah penting lanjut Aa Gym, dibutuhkannya keyakinan dari para orangtua terlebih dahulu sebelum menyampaikan ilmu yaqiin, karena kita tidak akan bisa meyakinkan orang lain jika kitanya sendiri memiliki keraguan dalam diri.

Keyakinan yang dimiliki akan menular, kalau kita yakin maka percayalah, melalui cara kita berbicara, cara bersikap, hingga raut muka akan menjadi satu kesatuan yang utuh sehingga anak-anak dapat dengan mudah paham dan menuruti nasihat serta ajaran kita.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini