Jaminan Surga dari Rasulullah bagi Umatnya yang Lakukan 6 Hal Ini

Saskia Rahma Nindita Putri, Jurnalis · Rabu 19 Agustus 2020 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 19 614 2264690 jaminan-surga-dari-rasulullah-bagi-umatnya-yang-lakukan-6-hal-ini-jidlQIinPv.JPG Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

SETIAP umat Islam tentu mendambakan hadiah surga sebagai tempat abadinya kelak. Berbagai daya dan upaya dengan senantiasa taat akan perintah Allah Subhanahu wa Ta'ala dilakukan agar dapat termasuk dalam golongan orang-orang shaleh.

Selain melaksanakan perintah wajib dari Allah, ada baiknya juga menunaikan amalan-amalan yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad yang dapat membawa kita pada jaminan surga.

Dalam salah satu sabdanya, Rasulullah SAW menyampaikan bahwa terdapat 6 akhlak mulia yang jika diamalkan akan dijaminkan surga. Sebagaimana sabda Rasulullah: “Jaminlah untukku enam hal darimu, aku jaminkan surga untukmu; benar dalam bicara, tepat janji kepada Allah dan manusia, tunaikan amanah, tutup aurat dan jaga kemaluanmu, tahan matamu dari yang haram, dan jaga tangan,” (HR. Ahmad, Ibnu Hibban dan Baihaqi).

1. Jujur dalam berkata

Jujur merupakan ketenangan jiwa. Berkata jujur tidak hanya ditujukan kepada penyampaian hal-hal baik, namun juga hal lainnya yang sesuai dengan kenyataan yang ada. Sebuah informasi harus disampaikan sebenar-benarnya, secara jujur, meskipun begitu pahit untuk diterima. Kejujuran akan berbuah pada ketenangan dalam jiwa karena tidak adanya masalah yang menjadi bebannya.

Baca juga: Kagum dengan Islam, YouTuber Muda asal Inggris Putuskan Jadi Mualaf

Dai kondang, Ustadz Khalid Basalamah menyampaikan bahwa orang yang jujur akan senantiasa diselimuti ketenangan dalam jiwanya dan kejujuran hanya dapat dilakukan oleh orang-orang yang kuat imannya.

“Kejujuran ini ketenangan jiwa, dan ini tidak bisa diraih kecuali oleh orang-orang yang dasar imannya kuat kepada Allah. Dan orang-orang jujur ini akan bersama para nabi di Surga Firdaus," ucapnya dinukil dari channel YoiuTubenya, Rabu (19/8/2020).

2. Selalu penuhi janji

Senantiasa menepati janji, kepada Allah dan manusia. Dengan menepati janji, maka menandakan kemampuan diri untuk menunaikan penghambaan secara totalitas kepada Allah dan RasulNya.

Adapun jika tak bisa menepati, janganlah ingkar janji. Katakan yang sebenarnya dengan berterus terang.

“Kalau enggak bisa jalankan, sampaikan. Jangan umbar sana-sini tetapi tidak dipenuhi. Ini ada tanggungannya di akhirat. Kita semua tahu ciri-ciri orang munafik, pertama kalau bicara dusta, dan kedua kalau berjanji mereka berkhianat,” tambahnya.

3. Jalankan amanah

Orang yang amanah menandakan orang yang mampu memberikan rasa aman, sebagai buah dari keimanannya kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala.

4. Menjaga kemaluan

Dalam hal ini, maksudnya adalah menjaga dari hal-hal buruk berbau kemaksiatan, seperti mendekati zina.

“Gunakan dengan baik, jangan letakkan (kemaluan) kepada yang tidak halal. Menikah dengan cara baik, lalu letakkan dalam yang halal. Menjadi halal melalui pernikahan hanya membutuhkan waktu 5 menit (ijab qabul) setelah itu dapat bebas berhubungan dalam ikatan halal dan justru menuai pahala. Sementara zina selalu diawali dengan kekhawatiran dan kecemasan, itulah yang harusnya dihindari,” ujarnya.

5. Tundukkan pandangan dari yang haram

Setiap manusia dianugerahi mata untuk melihat. Sebagai makhluk berakal, kita dapat mengontrol hak guna mata untuk menghindari hal-hal haram yang tak sepatutnya dilihat.

“Kalau selama enggak bisa dilihat ya jangan dilihat. Kalau Allah haramkan maka harus dijaga (pandangannya).” tambahnya.

6. Menjaga tangan

Menjaga tangan maksudnya ialah menggunakan tangan sesuai fungsinya dengan baik, seperti diantaranya menolong orang lain dengan memberikan uluran tangan kita. Selebihnya, hindari hal-hal yang dapat berpotensi menyakiti orang lain hanya dengan perlakuan melalui tangan kita.

Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah yang berkata; ”Orang muslim yang sejati akan menyelamatkan muslim lainnya dari bahaya lisan dan tangannya,".

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini