Yuk Jaga Lisan, Bicara Tanpa Dipikir Bisa Membawa ke Neraka

Kamis 20 Agustus 2020 17:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 20 330 2265037 yuk-jaga-lisan-bicara-tanpa-dipikir-bisa-membawa-ke-neraka-Eq0ZAqQvhJ.jpg Ilustrasi berbicara. (Foto: Freepik)

SETIAP Muslimin wajib menjaga lisan agar tidak jatuh dalam kemudharatan. Sebab, terjaganya perkataan akan membawa seseorang dalam keselamatan dunia dan akhirat. Hal ini sebagaimana sabda Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam:

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ فَلْيَقُلْ خَيْرًا، أَوْ لِيَصْمُتْ

"Barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir, maka berkatalah yang baik dan jika tidak maka diamlah." (HR Bukhari nomor 6018 dan Muslim nomor 47)

Baca juga: Meneladani 4 Spirit Hijrah ala Rasulullah 

Mengutip dari Sindonews, Kamis (20/8/2020), Imam Nawawi menjabarkan bahwa hadis itu sahih yang menjelaskan bahwa manusia tidak pantas berbicara kecuali yang baik dan jelas-jelas mengandung maslahat. Bila diragukan kemaslahatannya, maka diam adalah langkah yang utama untuk dilakukan.

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ الْعَبْدَ لَيَتَكَلَّمُ بِالْكَلِمَةِ مَا يَتَبَيَّنُ مَا فِيهَا يَهْوِي بِهَا فِي النَّارِ أَبْعَدَ مَا بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ

"Sesungguhnya seorang hamba benar-benar mengucapkan kata-kata tanpa dipikirkan yang menyebabkan dia tergelincir ke dalam neraka yang jaraknya lebih jauh antara timur dan barat." (HR Bukhari Muslim)

Baca juga: Bubur Asyura, Hidangan Lezat Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

مَا يَلْفِظُ مِنْ قَوْلٍ إِلَّا لَدَيْهِ رَقِيبٌ عَتِيدٌ

"Tiada satu ucapan pun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir." (QS Qaf: 18)

وَلَا تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ ۚ إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُولَٰئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْئُولًا

"Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati semuanya itu akan diminta pertanggungjawabnya." (QS Al Isra: 36)

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini