Berjimak dan Perbanyak Sedekah, Ini Keutamaan Amalan Saleh di Hari Jumat

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 28 Agustus 2020 03:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 27 616 2268575 berjimak-dan-perbanyak-sedekah-ini-keutamaan-amalan-saleh-di-hari-jumat-VpJijIGKL3.jpg Sholat di Masjid Istiqlal, Jakarta (Kemenag)

JUMAT merupakan hari yang penuh keberkahan dan banyak keutamaan-keutamaan di dalamnya. Pada waktu tersebut umat Islam juga dianjurkan untuk memperbanyak mengerjakan amalan saleh.

"Hari Jumat tertulis di dalam Alquran, karena benar-benar istimewa, atau disebut dengan sayyidul ayyam artinya rajanya hari, karena doa-doa umat Islam akan lebih cepat diijabah," ujar Ketua Bidang Bidang Pendidikan dan Kaderisasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat Kiai Haji Abdullah Jaidi kepada Okezone beberapa waktu lalau.

Baca juga:ย ย 15 Peristiwa Besar yang Terjadi di Hari Asyura 10 Muharram

Nah, selain memperbanyak doa, berikut ini adalah amalan-amalan sunah di Jumat Berkah yang bisa dilakukan setiap waktu ini tiba, apa saja?

1. Memperbanyak Sedekah

Bersedekah atau menyisihkan sebagian harta benda kepada orang yang lebih membutuhkan adalah kewajiban setiap Muslim. Kemudian, Jumat adalah waktu yang tepat untuk memperbanyak amalan tersebut.

Ibnu Qayyim berkata: "Sedekah pada hari itu (Jumat) dibandingkan dengan sedekah pada enam hari lainnya laksana sedekah pada bulan Ramadhan dibanding bulan-bulan lainnya." Hadits dari Kakab menjelaskan: "Dan sedekah pada hari itu lebih mulia dibanding hari-hari selainnya," (Mauquf Shahih).

2. Datang ke Masjid Lebih Dulu Sebelum Sholat Jumat.

Bagi kaum laki-laki (Muslim) sholat Jumat hukumnya adalah fardhu 'ain, atau wajib dan tidak bisa diwakilkan oleh setiap individu. Kemudian disunahkan datang ke masjid sebelum sholat (Jumat) dimulai, sebab memiliki keutamaan yang luar biasa.

"Tentu saja datang ke masjid lebih dulu terdapat pahala di dalamnya. Dan lebih diutamakan lagi membaca doa terlebih dulu sebelum berangkat ke masjid."

ย 

Doa yang dimaksud yaitu sebagai berikut;

ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ุงุฌู’ุนูŽู„ู’ ูููŠ ู‚ูŽู„ู’ุจููŠ ู†ููˆุฑู‹ุง ูˆูŽูููŠ ู„ูุณูŽุงู†ููŠ ู†ููˆุฑู‹ุง ูˆูŽุงุฌู’ุนูŽู„ู’ ูููŠ ุณูŽู…ู’ุนููŠ ู†ููˆุฑู‹ุง ูˆูŽุงุฌู’ุนูŽู„ู’ ูููŠ ุจูŽุตูŽุฑููŠ ู†ููˆุฑู‹ุง ูˆูŽุงุฌู’ุนูŽู„ู’ ู…ูู†ู’ ุฎูŽู„ู’ูููŠ ู†ููˆุฑู‹ุง ูˆูŽู…ูู†ู’ ุฃูŽู…ูŽุงู…ููŠ ู†ููˆุฑู‹ุง ูˆูŽุงุฌู’ุนูŽู„ู’ ู…ูู†ู’ ููŽูˆู’ู‚ููŠ ู†ููˆุฑู‹ุง ูˆูŽู…ูู†ู’ ุชูŽุญู’ุชููŠ ู†ููˆุฑู‹ุง ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ุฃูŽุนู’ุทูู†ููŠ ู†ููˆุฑู‹ุง

Artinya; "Ya Allah, jadikanlah cahaya di dalam hatiku dan pada lisanku, jadikanlah cahaya dalam pendengaranku, jadikanlah cahaya pada penglihatanku, jadikanlah cahaya dari arah belakangku dan dari arah depanku, jadikanlah cahaya dari arah atasku dan dari arah bawahku, dan berilah aku cahaya!" (HR. Bukhari no. 6316 dan Muslim no. 763, dengan lafal Muslim).

3. Berjimak dengan Pasangan

Tentunya Sahabat Muslim sering mendengar malam Jumat adalah waktunya 'Sunah Rasul', artinya melakukan hubungan intim atau berjimak bersama masing-msaing pasangan halalnya. Namun ternyata waktu yang disunahkan itu bukan pada malamnya saja, tapi bisa juga bakda Ashar.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Dikutip dari buku 'Bimbingan Seks Lengkap Bagi Kaum Muslim' karya Hassan Hathout, hari Jumat setelah Ashar. Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam bersabda: "Dan jika engkau berjimak/menggauli istrimu pada hari Jumat setelah Ashar, dan (dari persetubuhan itu) kalian dianugerahi anak, maka ia kana menjadi orang terkenal, termasyhur dan berilmu."

4. Bersholawat

Hari Jumat sangat dianjurkan memperbanyak bersholawat kepada Nabi Muhammad. Sholawat adalah bentuk kecintaan kepada Rasulullah. Sesungguhnya Allah dan malaikatNya juga bersholawat kepada Nabi.

Allah berfirman dalam Alquran, yang artinya "Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersholawat kepada Nabi; wahai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu kepadanya dan ucapkan salam kepadanya.โ€ (QS Al-Ahzab [ 33]: 56).

Rasulullah bersabda:

โ€œPerbanyaklah kalian membaca sholawat kepadaku di setiap hari Jumat. Sesungguhnya sholawat umatku ditayangkan kepadaku pada setiap hari Jumat. Barangsiapa yang paling banyak membawa sholawat kepadaku, maka ia paling dekat kedudukannya dariku." (HR. Baihaqi)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya