Begini Ciri-Ciri Orang Terkena Sihir

Muhammad Hafizh Arya Pradana, Jurnalis · Kamis 03 September 2020 21:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 03 614 2272278 begini-ciri-ciri-orang-terkena-sihir-TWNDrEjikb.jpg ilustrasi (stutterstock)

SIHIR atau ilmu hitam sudah ada sejak zaman masa para nabi. Orang-orang mengamalkan sihir bersekutu dengan jin untuk mendapatkan kekuatan, sebuah perbuatan syirik yang sangat dilarang oleh Allah.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

اجْتَنِبُوا السَّبْعَ الْمُوبِقَاتِ قِيلَ يَا رَسُولَ اللَّهِ وَمَا هُنَّ قَالَ الشِّرْكُ بِاللَّهِ وَالسِّحْرُ وَقَتْلُ النَّفْسِ الَّتِي حَرَّمَ اللَّهُ إِلَّا بِالْحَقِّ وَأَكْلُ مَالِ الْيَتِيمِ وَأَكْلُ الرِّبَا وَالتَّوَلِّي يَوْمَ الزَّحْفِ وَقَذْفُ الْمُحْصِنَاتِ الْغَافِلَاتِ الْمُؤْمِنَاتِ

Artinya: “Jauhilah oleh kalian tujuh dosa besar yang membinasakan. Para Sahabat bertanya, Wahai Rasulullah, apakah ketujuh dosa besar itu? Beliau menjawab: Syirik kepada Allah, sihir, dan membunuh jiwa yang diharamkan allah kecuali dengan alasan yang dibenarkan, memakan riba, memakan harta anak yatim, melarikan diri pada saat terjadi peperangan dan menuduh berzina wanita-wanita mukminah yang telah bersuami dan menjaga diri, yang tengah lengah”.

Baca juga: Terjerumus Urusan Zina, Apakah Harus Dinikahkan?

Nabi Muhammad pernah terkena sihir, dan beliau mampu melawannya dengan doa-doa.

Islam mengajarkan cara-cara agar terhindar dari sihir, misalnya dengan rajin berzikir, membaca ayat-ayat tertentu dalam Alquran, rajin berwudhu terutama sebelum tidur, hingga memakan 7 buah kurma setiap hari.

Pendakwah lulusan Universitas Islam Madinah, Ustadz Syafiq Riza Basalamah memaparkan ciri-ciri orang terkena sihir menurut pandangan Islam.

“Ada pun ciri-ciri orang itu terkena sihir, di antaranya ada perubahan dari dalam dirinya, namun perubahan itu tidak diketahui karena apa. Misalkan dia merasakan sakit, tapi sakit tersebut secara medis tidak ada,” kata Syafiq dalam sebuah video tausyiahnya dikutip Okezone, Kamis (3/9/2020).

Syafiq mencontohkan saat Nabi Muhammad terkena sihir. “Rasulullah SAW ketika itu ada yang menyihir beliau, ia merasa telah mendatangi istrinya tapi padahal belum, ada sesuatu yang berubah dari dirinya yang tidak biasa.”

 

Orang terkena sihir biasanya juga sering mengalami mimpi buruk dalam tidurnya. Makanya sebelum tidur sangat dianjurkan berwudhu dan membaca ayat-ayat Alquran serta kalimah zikir agar terhindari dari sihir atau gangguan setan.

Orang terkena sihir juga kadang membuat dirinya sakit atau lemah tiba-tiba, misalnya fisiknya kuat tapi mendadak tidak mampu saat bersetubuh dengan istrinya.

Ada juga orang yang terkena sihir tiba-tiba bisa membenci orang terdekatnya, misalnya istri membenci suaminya. “Beberapa ilmu sihir mengubah sang istri sangat membenci suaminya. Ini biasanya untuk merusak rumah tangga sesorang,” ujar Syafiq.

Menurutnya ada beberapa faktor orang bisa terkena sihir, misalnya kurangnya beribadah dan lemahnya iman kepada Allah, atau bahkan pernah menyakiti orang lain.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini