Kisah Nabi Musa, Lupakan Berharap Ucapan Terima Kasih

Vitriada Hilba Siregar, Jurnalis · Selasa 17 November 2020 17:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 17 613 2311179 kisah-nabi-musa-lupakan-berharap-ucapan-terima-kasih-hvCzZ9mSSz.jpg Ilustrasi. (Foto: Pexels)

JAKARTA - Setiap manusia dianjurkan berbuat baik, menolong kepada sesama. Adalah sebuah kemulian membantu atau menolong dalam kesempatan apapun juga.

Namun setelah mampu menolong maka segera buang angan-angan mendapatkan ucapan terima kasih sebagai bentuk apresiasi.

Baca Juga: Dicopot dari Jabatan dan Terkena PHK, Ini Nasihat Ustaz Adi Hidayat

Ustaz Dr. Firanda Andirja, M.A dalam Kelas UFA, Selasa (17/11/2020) menuliskan jika engkau telah berbuat kebaikan kepada orang lain maka tidak perlu menunggu terima kasih darinya, tapi berharaplah ganjaran dari Allah SWT.

"Maka Musa memberi minum ternak itu untuk (menolong) keduanya. Kemudian dia pergi atau berpaling ke tempat yang teduh lalu berdoa: "Ya Tuhanku sesungguhnya aku faqir (sangat memerlukan) sesuatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku". (QS. Al-Qashash : 24)

Baca Juga: Kenalan dengan Penemu Vaksin Covid-19, Pasutri Muslim dari Turki

Lihatlah setelah Nabi Musa 'alaihissalam membantu kedua wanita tersebut diapun berpaling pergi tanpa mengharapkan balasan dari kedua wanita tadi. Padahal beliau dalam kondisi sangat lapar. Maka beliau segera berdoa kepada Allah dengan menyebutkan kefakirannya kepada Allah.

(rhs)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini