Ingin Punya Adab dan Ahlak yang Baik? Coba Cek Lingkungan Pergaulan Dulu

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Kamis 26 November 2020 11:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 26 330 2316503 ingin-punya-adab-dan-ahlak-yang-baik-coba-cek-lingkungan-pergaulan-dulu-KeH3kyXFgr.jpg Lingkungan dan pertemanan sangat mempengaruhi akhlak seseorang. (Foto: Pedimont woman centre)

JAKARTA- Manusia pasti mempunyai kesalahan dan berdosa lalu dihantui rasa penyesalan.Lantas bagaimana agar perbuatan tidak terulang kembali.

Kesalahan dan dosa bisa terjadi akibat lingkungan atau dengan siapa dia berteman. Jika berteman dengan orang soleh dan baik, maka akan baik pula ahlaknya.

Baca Juga: Fakta, Rasulullah Tak Pernah Kenyang Saat Menyantap Makanan

Mengutip tausyiah Ustaz Sofyan Ruray pada Kamis (26/11/2020) menjelaskan, bahwa Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam menceritakan tentang nasihat ulama umat terdahulu kepada pembunuh 100 nyawa yang mau bertaubat dari dosa.

“Pergilah ke kampung ini dan itu, karena padanya ada orang-orang yang beribadah kepada Allah maka beribadahlah kepada Allah bersama mereka.

Baca Juga: Renungan Subuh, Mulailah Belajar Selalu Menghargai Orang Lain

Dan janganlah engkau kembali ke kampungmu, karena itu adalah kampung yang buruk (dihuni oleh orang-orang yang buruk).” [HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu’anhu]

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Al-Imam An-Nawawi rahimahullah berkata, “Ulama berkata, dalam hadits ini terdapat pelajaran:

1.Anjuran bagi orang yang bertaubat untuk meninggalkan tempat-tempat yang padanya ia melakukan dosa.

2.Berpisah dengan teman-teman yang selalu mendorongnya untuk berbuat dosa dan memutus hubungan dengan mereka apabila mereka terus bermaksiat.

Baca Juga: Doa Agar Suami Dijauhkan dari Pelakor

3.Mengganti persahabatannya dengan orang-orang yang baik, shalih, para ulama, ahli ibadah yang menjaga diri dari maksiat, dan orang-orang yang dapat ia jadikan teladan serta mengambil manfaat dari pertemanan dengan mereka dan menguatkan taubatnya.” (Syarh Muslim)

Az-Zahid Dzun Nun rahimahullah berkata: "Tiga yang termasuk tanda benarnya taubat:

1. Selalu menangis sedih atas dosa-dosa yang telah berlalu.

2. Selalu takut kembali terjerumus dalam dosa itu.

3. Meninggalkan teman-teman yang suka berbuat buruk, dan selalu berteman dengan orang-orang yang baik." [Syu'abul Iman: 6787]

Maka hadis yang mulia di atas menunjukkan bahwa memilih teman yang baik dan meninggalkan teman yang buruk termasuk kunci sukses dalam berhijrah, bahkan termasuk bukti benarnya taubat seseorang.  

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya