Surah Al-Falaq Ringkas Namun Begitu Dalam Maknanya

Nazmi Tsaniya, Jurnalis · Kamis 26 November 2020 17:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 26 614 2316709 surah-al-falaq-ringkas-namun-begitu-dalam-maknanya-punYf5oOkY.jpg Ilustrasi. (Foto:Shutterstock)

JAKARTA – Surah dalam Al-Qur’an terbagi atas surah makiyyah dan madaniyyah. Semua surah yang diturunkan Allah SWT pasti memiliki kandungan makna di dalamnya, salah satunya, Surah Al-Falaq.

Surah Al-Falaq merupakan surah ke-113 dalam Al-Qur’an. Dalam urutan turunnya, surah ini adalah surah ke-20. Surah ini diturunkan bersamaan dengan Surah An-nas yang disebut Al-Muawwidzatain.

Baca Juga: Jangan Lewatkan Berdoa Setelah dari Kamar Mandi, Banyak Manfaatnya!

Allah SWT menurunkan kedua surah ini kepada Rasulullah setiap kali membaca satu ayat. Maka terkumpulah satu surah.

Sekarang apa saja kandungan dari Surah Al-Falaq? Berikut penjelasannya.

Makna atau Terjemahan Surah Al-Falaq :

Baca Juga: Makan Tak Diawali dan Diakhiri Berdoa, Akibatnya Akan Seperti Ini

Katakanlah: “Aku berlindung kepada Tuhan Yang Menguasai subuh (1), dari kejahatan makhluk-Nya (2), dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita (3), dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul (4), dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki (5)”.

Dilansir dari channel Youtube Al-Bahjah TV, oleh Buya Yahya, Kamis (26/11/2020) dijelaskan, adanya kandungan yang terangkum dari surah ini.

Yaitu menceritakan bahwa penguasa subuh hanyalah satu Tuhan, yaitu Allah SWT. Pada ayat kedua, hanya Allah SWT yang mampu menciptakan makhluk-makhluk di dunia. Sementara manusia tidak ada yang pernah tahu makhluk apa saja yang tercipta.

Ayat ketiga menerangkan bahwa gelapnya malam sangat menakutkan, mintalah perlindungan kepada-Nya. Dan ayat keempat serta lima, mintalah kepada-Nya agar dijauhkan dari mara bahaya. (Uck) 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini