Sebelum Bilal bin Rabah Masuk Surga, Gesekkan Sandalnya pun Sudah Terdengar

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Jum'at 27 November 2020 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 27 330 2317278 sebelum-bilal-bin-rabah-masuk-surga-gesekkan-sandalnya-pun-sudah-terdengar-T7FRSKWhOI.jpg Pemeran Bil Bin Rabah dalam film Umar bin Khattab. (Foto:Ist)

JAKARTA - Bilal bin Rabah adalah salah satu sahabat yang dimuliakan Nabi Muhammad SAW. Mengapa?

Ini karena keimanannya kepada Allah SWT begitu tinggi. Bilal adalah salah satu sahabat Rasulullah SAW yang masuk surga.

Namun, Bilal memiliki kemuliaan tersendiri. Di mana sebelum Bilal wafat, suara gesekkan sandalnya sudah terdengar di surga. Keajaiban itu diungkapkan oleh Ustaz Abdul Somad dalam postingan Instagramnya, dikutip Jumat (27/11/2020).

Baca Juga: 3 Kali Lalai Sholat Jumat, Niscaya Allah SWT Akan Mengunci Hatinya

Berikut kutipan Ustaz Abdul Somad mengenai kemuliaan Bilal bin Rabah.

Sayyidina Bilal bin Rabah adalah sahabat Nabi berkulit hitam tetapi dimuliakan menjadi seorang muadzin tetap Rasulullah dan masuk surga. Bahkan sebelum Dia meninggal, sudah terdengar suara gesekkan sandalnya di dalam surga.

Baca Juga: Lebih Diutamakan Membaca 2 Surah Ini Saat Sholat Subuh di Hari Jumat

Rajin-rajinlah berwudhu, menggosok gigi, mandi, dan bersih-bersih. Agar ketika berkumpul dengan umat Islam yang lain dalam keadaan bersih, rapi dan indah. Dan banyak juga buat amalan sunnah, terutama sholat sunnah.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Bilal masuk surga sebabnya karena rutin sholat sunnah setelah berwudhu. Padahal tidak pernah diajarkan oleh Nabi sebelum dia mengerjakannya.

Dari kejadian Bilal, para ulama Mujtahid berkesimpulan bahwa tidak semua perkara yang tidak dibuat oleh Rasulullah otomatis bid'ah atau salah serta terlarang dibuat. Imam Syafi'i menyebut ini dengan perkara baru yang mahmudah (terpuji) atau yang populer dikenal dengan bid'ah hasanah.

Baca Juga: Kisah Salim Batal Membunuh karena Calon Korban Tunaikan Sholat Subuh

Kalaulah setiap perkara yang tidak dibuat Nabi adalah bid'ah sesat yang menyebabkan masuk surga, jangan-jangan kita tak bisa bernafas hari ini, tidak bisa makan, tidak bisa minum, tak bisa hidup, karena banyak yang kita buat hari ini tak pernah dibuat oleh Rasulullah. Jangan kaku betul memahami agama. Banyaklah belajar dan berguru kepada banyak ulama. Jangan macam memakai kacamata kuda!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya