Ayo Cari Tahu Bagaimana Awal Perintah Sholat

Nazmi Tsaniya, Jurnalis · Minggu 29 November 2020 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 28 616 2317850 ayo-cari-tahu-bagaimana-awal-perintah-sholat-0uUqGMeKWY.jpg Sholat wajib 5 waktu dalam sehari. (Foto: Freepix)

JAKARTA – Sholat merupakan rukun Islam kedua dan wajib dilakukan umat Muslim selagi dia masih hidup. Lalu bagaimana awal permulaan perintah sholat ditetapkan?

Perintah sholat pertama kali ditetapkan ketika peristiwa Isra Mikraj 27 Rajab. Seperti kisah yang diceritakan dibawah ini :

Baca Juga: Agar Nikmat Hidup Bertetangga, Cintailah Tetangga

Dari buku "Rahasia Keutamaan Sholat Subuh" yang ditulis oleh Syeikh M. Nuruddin Marbu Al-Marki dikutip pada Ahad (29/11/2020).

Selama tidak kurang 10 tahun masa kenabian, sholat belum diwajibkan. Walaupun Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam (SAW) sudah pernah melaksanakan sholat, seperti sholatnya Nabi Ibrahim.

Baca Juga: Membuka Hari dengan Keutamaan Sholat Subuh Berjamaah

Ketika Nabi Muhammad SAW ke Gua Hira sebelum menerima ayat yang pertama, selama tidak kurang daripada enam bulan, Nabi Muhammad SAW beribadah sholatnya Nabi Ibrahim.

Namun, sholat yang lengkap dengan rukun-rukunnya, rukuk, sujud dengan segala macam, itu diwajibkan kira-kira dalam dua tahun sebelum hijrah ke Madinah, yaitu pada peristiwa Isra Mikraj.

Bahkan, setelah turun dari perjalanan Isra Mikraj pun Nabi Muhammad SAW tidak melaksanakan Sholat Subuh. Padahal, perjalanan Isra Mikraj itu di malam hari.

Namun, justru sholat yang pertama kali dilaksanakan oleh beliau adalah Sholat Zuhur. Sebabnya, pada waktu itu, beliau belum tahu bagaimana cara melaksanakan Sholat Subuh.

Menurut kesepakatan ulama, sholat itu mulai diwajibkan kira-kira 18 bulan sebelum hijrah ke Madinah, persis pada peristiwa Isra Mikraj. Ada yang mengatakan 20 bulan, ada yang mengatakan 24 bulan. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini