Tetaplah Bersabar Dalam Istiqamah Meski Sulit Dilakukan

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Kamis 03 Desember 2020 10:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 03 330 2320739 tetaplah-bersabar-dalam-istiqamah-meski-sulit-dilakukan-884IfRJTUW.jpg Istiqamah adalah yang berat dilakukan bagi seorang muslim. (Foto: SINDOnews)

JAKARTA- Perkara yang paling sulit bagi seseorang adalah tetap istiqamah hingga akhir hayatnya.

Ritme kehidupan yang penuh dengan godaan syahawat dan syubuhat, begitu mudah menodai dan meruntuhkan keistiqamahan seseorang jadi sang pecundang sekiranya tidak dapat taufik dari Allah Subhanahu wa ta'ala (SWT).

Dikutip HijrahApp Ustaz Abu Fairuz My dari ringkasan soal tanya awab Syeikh Ziyad Al-Abbadi pada Kamis (3/12/2020) mengatakan, ada beberapa cara dapat dilakukan untuk tetap istiqamah yakni:

Baca Juga: Ingin Dimuliakan di Akhirat? Caranya Terimalah Tamu dengan Baik

1.Senantiasa berupaya konsekwen dalam menimba ilmu, karena kejahilan adalah sebab ketergelinciran ke dalam jurang syahawat dan syubuhat.

2.Berupaya selalu komit dengan sholat jamaah, karena begitu besar perannya menjaga agama seseorang.

3. Memilih kawan dan teman dekat yang soleh, sahabat sejati yang mengangkatnya bangun dari kehinaan dan kelalaian.

Baca Juga: Senyum Itu Sedekah Paling Mudah, Berikut Ini 5 Faedahnya

4.Memilih istri yang solehah, karena ialah pendukung interen seseorang yang paling ampuh kala dia melemah. Bercermin dari ibunda Khadijah yang begitu kuat perannya mendukung Nabi kala pertama kali mendapatkan wahyu, ”sekali-kali tidak duhai suamiku, mustahil Rabb menghinakanmu selamanya, sebab engkau senantiasa menyambung silaturrahmi, membantu orang kesusahan, dan yang ditimpa musibah…” itulah ungkapan yang menjadi pengkuat Nabi untuk tidak ragu menjadi Nabi utusan Allah.

5.Mencari lingkungan yang baik dan hidup di antara orang-orang yang soleh, sebagaimana petuah seorang alim pada pembunuh 100 nyawa agar dia pergi berhijrah meninggalkan negerinya yang jelek, pindah dan bergabung dengan orang-orang soleh di negeri mereka.

Adapun untuk para penuntut ilmu, agar tetap eksis dalam keistiqamahan:

1.Tidak pernah putus untuk tetap menimba ilmu selamanya.

2.Tidak pernah berhenti untuk menyampaikan ilmu dan menyebarkannya di manapun berada, karena zakat ilmu adalah dengan menyampaikannya.

3. Tidak pernah merasa diri telah hebat, tertipu dengan sifat ujub dan bangga dengan apa yang dia miliki

4.Banyak berdoa kepada Allah SWT agar senantiasa menjaga keistiqamahan dirinya, sebagaimana Rasulullah SAW tak putus merintih berdoa: ”Duhai zat pembolak balik hati, teguhkan diriku di atas ketaatan padamu”. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini