Doa Malaikat soal Manusia Pelit vs Gemar Berinfak

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Kamis 03 Desember 2020 20:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 03 330 2321085 doa-malaikat-soal-manusia-pelit-vs-gemar-berinfak-RLQomuor65.jpg Sedekah akan menuai pahala. (Foto:Shutterstock)

JAKARTA - Sedekah dan berinfak adalah anjuran yang diucapkan langsung oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW).

Yang mengejutkan, ternyata malaikat ikut mendoakan sikap manusia yang melakukan infak dan sedekah. Sebaliknya, malaikat juga mendoakan manusia yang pelit terhadap hartanya yang diberikan oleh Allah  Subhanahu wa ta'ala (SWT).

Baca Juga: Ingin Dimuliakan di Akhirat? Caranya Terimalah Tamu dengan Baik

Rasulullah bersabda, "Tidaklah seorang hamba-hamba (Allah) memasuki waktu pagi, kecuali dua malaikat turun, salah satu darinya berkata, 'Ya Allah berikan ganti kepada orang yang berinfak.' Sedang malaikat yang satu lagi berkata, `Ya Allah berikan kehancuran kepada orang yang pelit." (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Baca Juga: Tetaplah Berprasangka Baik Meskipun Sedang Sedih Tertimpa Musibah

Dikutip dari Ringkasan Fikih Sunnah Sayyid Sabiq oleh Syaikh Sulaiman Ahmad Yahya Al-Faifi terbitan Daarul Fath Lil I'lamil Arabi, para ulama sepakat, jika umat Islam memiliki kebutuhan setelah menunaikan zakat, maka harus disalurkan kepada kebutuhan tersebut.

Imam Malik RA berkata, "Manusia harus menebus tawanan mereka, meski harus menguras harta mereka."

Islam menyerukan untuk mengerahkan upaya sedekah sunnah dan mendorong kepadanya. Bahkan dengan cara menggugah hati, menghembuskan ketentraman dalam jiwa, mendorongnya kepada makna-makna kebaikan, kebajikan, dan perbuatan baik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini