Alih-Alih Pakai Jimat Biar Bermanfaat, Nyatanya Datangkan Mudharat

Khairunnisa Nanda Zahra, Jurnalis · Jum'at 11 Desember 2020 06:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 10 330 2325349 alih-alih-pakai-jimat-biar-bermanfaat-nyatanya-datangkan-mudharat-3TLAiimkaJ.jpg Menyimpan jimat dan mempercayainya akan mendatangkan manfaat adalah perbuatan syirik. (Foto: Inews.Id)

JAKARTA – Penggunaan jimat salah satu bentuk konkret perbuatan syirik dan hukumnya haram. Orang yang memilih untuk mempercayai benda mati yang dianggapnya mampu memberikan manfaat jelas dilarang dalam Islam.

Hal ini sesuai pada Firman Allah SWT dalam QS. Al-Anbiya ayat 66:

Baca Juga:  Nasihat Nabi Muhammad Agar Taat kepada Pemimpin dalam Suka dan Duka

“Dia (Ibrahim) berkata, Mengapa kamu menyembah selain Allah, sesuatu yang tidak dapat memberi manfaat sedikit pun, dan tidak (pula) mendatangkan mudarat kepada kamu?"

Dikutip dari Ustaz Syafiq Riza Basalamah orang yang menjadikan sebuah sebab yang tidak Allah SWT tentukan sebagai sebab maka itu nanti akan termasuk syirik kecil.

Baca Juga: Wanita Karier, Ini Contoh Ketaatan Berkhidmat Khadijah Terhadap Suami dan Keluarga

"Tapi kalau dia percaya sama itu jimat, meyakini jimat ini bisa memberikan manfaat dan mudharat maka itu jadi syirik besar, yang bisa mengeluarkan dia dari Islam. Maka hati-hati. Dua-duanya enggak boleh dalam Islam," ujarnya melalui Youtube Al-Karim dikutip Jumat (11/12/2020).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Allah SWT mengharamkan menggunakan jimat karena keluar dari tawakalnya seorang hamba pada Sang Pencipta. Meningkatkan keimanan serta berpegang teguh pada Al-Qur’an menjadi jalan terbaik yang harus dipilih oleh Umat Islam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya