Mengapa Pria Muslim Diharamkan Pakai Perhiasan Emas dan Sutera?

Nazmi Tsaniya, Jurnalis · Jum'at 11 Desember 2020 14:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 11 330 2325813 mengapa-pria-muslim-diharamkan-pakai-perhiasan-emas-dan-sutera-akcAp0EDzX.jpg Islam melarang pria muslim memakai perhiasan emas. (Foto:Dok/Okezone)

JAKARTA – Mengapa perhisan emas dilarang dipakai pria dalam Islam? Islam pasti mempunyai alasan yang kuat mengapa hal itu dilarang.

Keindahan dan kecantikan memang kodrat manusia, terutama wanita mempercantik diri dengan perhiasan berupa emas. Namun, harus diingat hal ini tidak berlaku bagi pria memakai perhiasan emas.

Baca Juga: Selalu Muraqabah Penting bagi Manusia, Begini Penjelasannya

Buya Yahya di dalam video Channel Youtube Al-Bahjah TV dikutip pada Jumat (11/12/2020) menjelaskan bahwa perhiasan emas hanya boleh dipakai perempuan.

“Cincin itu bebas untuk wanita, mau itu emas, perak, atau lainnya. Tapi, laki-laki tidak boleh memakai perhiasan emas, hanya perak yang boleh. Perak itu disunahkan untuk laki-laki, karena Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam memakai cincin perak. Dan hal itu banyak diikuti oleh sahabat-sahabatnya.”

Baca Juga: Bagaimana Jika Makmum Tertinggal Sholat Jumat, Ini Penjelasannya

Sebagaimana yang dikatakan Ali bin Abi Thalib bahwasanya Nabi SAW mengambil sutera dan meletakkannya di tangan kanannya, lalu mengambil emas dan meletakkannya di tangan kirinya, kemudian beliau bersabda, "Sesungguhnya keduanya ini haram bagi laki-laki dari umatku.” (HR. Imam Ahmad)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Dengan demikian, laki-laki boleh saja berhias diri dengan perhiasan. Asalkan bukan emas bernilai tinggi yang bisa menimbulkan sifat sombong. Emas benda bernilai tinggi, mahal, dan mencolok sehingga tergolong berlebihan. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya