Larangan Berbuat Zalim, Muslimin Wajib Menunjukkan Akhlak Mulia

Khairunnisa Nanda Zahra, Jurnalis · Sabtu 12 Desember 2020 18:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 11 614 2326028 larangan-berbuat-zalim-muslimin-wajib-menunjukkan-akhlak-mulia-BMJd0LTPmJ.jpg Berakhlak mulia adalah cerminan seorang Muslim. (Foto:Ist)

JAKARTA – Perbuatan yang baik mencerminkan akhlak yang mulia bagi seorang Muslim. Hamba Allah Subhanahu wa ta'ala (SWT) wajib mempunyai akhlak mulia terhadap siapapun.

Manusia dengan tujuan hidupnya untuk berguna bagi sesama makhluk. Ciri khas manusia adalah dapat menjalani hidup dengan interaksi dan pergaulan yang lancar antara satu dengan lainnya.

Baca Juga: Kebiasaan Berkata Negatif dan Laknat, Begini Hukumnya dalam Islam

Agama bukan menjadi penghalang seseorang untuk bisa melaksanakan hal tersebut. Dalam Islam, seorang umat Muslim yang beriman diwajibkan untuk menghargai umat agama lain dalam menjalani hidupnya. Akhlak mulia ini yang menjadikan umat Muslim mengedepankan toleransi dalam kehidupan.

Firman Allah SWT dalam QS. Al-Mumtahanah ayat 8 yang artinya: “Allah tidak melarang kamu berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tidak memerangi kamu karena agama dan mengusir kamu dari negerimu. Sungguh, Allah mencintai orang-orang yang berlaku adil,”

Baca Juga: Hukum Nikah Mut'ah Alias Kawin Kontrak dalam Islam, Boleh atau Tidak?

Ustaz Dr. Syafiq Basalamah MA menyarankan hidup damai dengan perbedaan. "Allah cinta kepada mereka yang berbuat kebaikan, berbuat adil. Enggak boleh mendzhalimi," ujanya dalam channel YouTube Yufid TV, Jumat (11/12/2020).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Menjaga hubungan baik dengan mengutamakan nilai-nilai keimanan menjadi kunci utama bagi umat Muslim. Amalan akhlak mulia yang ditanamkan oleh umat Muslim menjadi acuan untuk terus berbuat baik kepada Muslim ataupun Non-Muslim.

Hidup damai menjadi kunci utama suatu kehidupan yang rukun. Hal itu dapat diwujudkan dengan menjaga sikap toleransi dan selalu berpegang teguh terhadap keimanan yang dimiliki setiap manusia. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya