Hadapi Ujian Hidup, Bersabar Menjadi Pilihan Utama

Khairunnisa Nanda Zahra, Jurnalis · Jum'at 18 Desember 2020 18:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 18 330 2330119 hadapi-ujian-hidup-bersabar-menjadi-pilihan-utama-1giJLJnrvH.jpg Bersabar dan selalu berdoa adalah cara terbaik mengatasi masalah hidup. (Foto:Freepix)

JAKARTA – Sabar menjadi hal penting dalam kehidupan. Sebab Allah Subhana Wata'ala pasti memberikan ujian dalam hidup.

Ujian hidup diberikan Allah SWT bagi hamba-Nya untuk meningkatkan keimanan serta ketakwaan. Setiap makhluk-Nya pasti pernah mendapatkan ujian untuk mengambil hikmah kesabaran.

Baca Juga: Jumat Walinya Para Hari, Ini Keutamaan yang Dapat Dilakukan

Firman Allah SWT dalam QS. Az-Zumar ayat 10 yang artinya: “Sesungguhnya, hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.”

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam (SAW) bersabda:

Baca Juga: Imam Bukhari, Buta di Waktu Kecil tapi Mampu Hafal 300.000 Hadis

“Tidak ada seorang hamba yang meneguk satu tegukan (menerima musibah) yang lebih utama di sisi Allah dari pada satu tegukan yang berat yang ditahan untuk mencari ridha Allah ta’ala.” ( Hadis diriwayat imam Ahmad dan imam At-Thabarani dari sahabat Ibnu ‘Umar R.A )

Sabar menjadi sebuah sikap menahan diri dari berbagai perbuatan tercela, seperti amarah, suudzon, dan cemas. Bersabar menghadapi masalah berarti bisa terus meningkatkan amal ibadah kepada Allah SWT.

"Kita hidup harus siap untuk diuji. Dan kalau kita bisa menghadapi ujian tersebut dengan ibadah yang namanya sabar, maka kita akan meraih surga yang sangat tinggi, karena itu ibadah yang sangat mulia," ujar Ustaz Dr. Firanda Andirja, Lc, MA dalam Youtube Taman Surga dikutip pada Jumat (18/12/2020)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sebagai hamba-Nya yang beriman, menerapkan kesabaran dengan berbagai keutamaan yang didapat menjadi sebuah wujud dari prasangka baik terhadap Allah SWT. Mengharapkan ridha serta keberkahannya menjadi kunci utama untuk terus bersabar. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya